Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Senin, 10 Februari 2014

Waduk Galang Segera Dibangun

10 Februari 2014( sumber : Batam Pos )



Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Humas BP Batam Dwi Djoko Wiwoho mengatakan pembangunan waduk Galang kemungkinan besar akan segera dilakukan. Mengingat saat ini sudah dilakukan study kelayakan . Pembangunan waduk ini penting untuk mendukung ketersediaan stok air bersih di Batam, khususnya di daerah hinterland.
Djoko mengatakan pembangunan waduk ini akan dilakukan Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Kementeria Pekerjaan Umum (PU) melalui balai wilayah sungai (BWS) Sumatera IV.
“Sekarang masih buat feasibility study atau studi kelayakan yang dibiayai PU pusat. Karena yang akan membangun, PU pusat,” ungkap Djoko.
Kepala BP Batam, Mustofa Widajaja juga mengakui mengaku hal tersebut. Namun, terkait rencana pengelolaan waduk itu kedepan bersama Pemko, diakui belum dibicarakan.
“Belum membicarakan pengelolaan waduk Galang (dengan Pemko). Saya belum dapat laporan soal rencana kerjasama pengelolaan,” katanya.
Kasubdit Humas dan Publikasi BP Batam, Ilham Eka Hartawan mengaku, sebelum pengerjaan dimulai, BP, Pemko dan BWS, akan menandatangani MoU. BP ditegaskan, mendukung kegiatan yang dibutuhkan masyarakat.
BWS diakui sudah turun kelapangan. Direncanakan, diwilayah itu, akan dibuat bendugan. “Teluk dibendung, menggunakan dana dari pusat. Mudah-mudahan, tahun ini bisa MoU antara BP, BWS dan Pemko. Proyek untuk kepentingan masyarakat banyak akan kita dukung,” katanya.
Sebelumnya, Walikota Batam, Ahmad Dahlan, mengatakan, waduk itu biasa digunakan warga, untuk memenuhi kebutuhan airnya. Waduk itu akan dikelola untuk memenuhi kebutuhan air bersih di Galang dan sekitarnya. Hanya saja, Pemko perlu berkoordinasi dengan BP untuk dikelola bersama-sama. (ian)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar