Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Jumat, 07 Februari 2014

22 PMDN Realisasikan Investasi di Batam

JUMAT, 07 FEBRUARY 2014 ( sumber : haluan Kepri )

Total  Nilai Mencapai Rp251 Miliar

BATAM CENTRE (HK) - Sebanyak 22 Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) telah merealisasikan investasinya di Batam dengan total nilai mencapai Rp251 miliar selama tahun 2013. Sedangkan jumlah karyawan berhasil diserap dari kegiatan itu sebanyak 582 orang. 
Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Kota Batam, Gustian Riau mengatakan, sebagai Kawasan Pelabuhan Bebas dan Perdagangan Bebas (KPBPB), Kota Batam tidak hanya dilirik oleh Penanaman Modal Asing (PMA) untuk berinvestasi. Tetapi juga oleh pengusaha dalam negeri.  


" Trend investasi di Kota Batam, memang setiap tahun meningkat baik PMA maupun PMDN,"kata Gustian yang dihubungi, Kamis (6/2).

Ia menjelaskan, sebenarnya di periode 2013, ada sebanyak 106 PMDN yang hendak berinvestasi di Batam dengan nilai investasi mencapai Rp2,5 triliun. Jumlah tenaga kerja yang bisa diserap sekitar 1.708 orang. Namun realisasinya ternyata hanya 22 proyek atau perusahaan.

Menurut dia, banyaknya PMDN yang tidak merealiasikan investasnya, dipengaruhi beberapa faktor. Seperti rencana Investasi yang diberi tenggang waktu tiga tahun untuk persiapan operasional, namun pada kenyataanya ada perusahan yang tidak siap untuk jalan dengan berbagai kendala yang dihadapi.

Rencana dan realisasi atau perluasan investasi PMDN, bidang usaha yang dominan dikerjakan dilihat dari izin prinsip dan izin usaha yang telah diterbitkan, antara lain bidang pembangunan dan pengusahaan kawasan industri.

" Kemudian ada juga bidang Industri pembuatan kapal dan perahu, bidang Perdagangan besar dan eceran kemudian bidang Jasa dan lain-lainya,"kata Gustian.

Untuk menjamin keberlangsungan perusahaan dan mengetahui perkembangan perusahaan, pihaknya melakukan pengawasan setiap tiga bulan sekali. Ini berguna mengetahui situasi maupun  kendala-kendala yang dimiliki setiap perusahaan.

Sementara itu, data dari Badan Pengusahaan (BP) Batam, selama 2013 tercatat 119 PMA yang berinvestasi dengan nilai USD394 ribu, sedangkan total perluasan PMA sebesar USD103 ribu. Adapun negara-negara yang telah menanamkan investasinya  adalah British Virgin, Pakistan, Belanda, Jerman, Taiwan, Afganistan, Cayman Island, Jepang, Singapura, Amerika Serikat, Malaysia, India, Myanmar, Norwegia, Korea Selatan, Skotlandia, dan R.R. China.

Dengan data itu, pendaftaran PMA baru selama periode 2013 bila dibandingkan dengan periode 2012, mengalami peningkatan nilai investasi sebesar 53 persen. (byu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar