Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Jumat, 15 Oktober 2010

Perusahaan Elektronik di Batam Banyak Diminat

(Sumber Tribun Batam,versi asli)
Laporan Kartika Kwartya, wartawan Tribunnews Batam

TRIBUNNEWSBATAM, BATAM- Hari ini tepat pukul 15.00 WIB bursa kerja Batam resmi ditutup. Berdasarkan data yang disampaikan Disnaker Batam, total pengunjung yang hadir selama tiga hari pelaksanaan bursa kerja yaitu sebanyak 8990 pencari kerja.

"Hari pertama 3200 orang, hari kedua 2590 orang, dan hari ini sudah 3200 orang," papar Kabid Penempatan Kerja Disnaker Batam, Luhut Marbun, pada Tribunnews Batam beberapa saat sebelum acara ditutup.

Menurutnya saat itu, pengunjung dari luar sudah tidak dibenarkan masuk lagi. Tapi bagi yang sudah di dalam tetap dipersilakan melangsungkan proses pelamaran kerja hingga selesai.

Selain itu, bagi tiap perusahaan tetap dibolehkan melanjutkan proses recruitment hingga akhir Desember 2010 ini.

"Jadi kami beri batas sampai akhir Desember karena pada bulan Desember nanti kami juga akan membuat Laporan Pertanggungjawaban Dinas Tenaga Kerja yang salah satu poinnya yaitu kegiatan bursa kerja ini. Makanya kami batasi sampai Desember saja," ujarnya.

Ia mengatakan target penempatan untuk bursa kerja tahun ini yaitu sebanyak 1500 posisi dari 4380 lowongan kerja yang disediakan. Target ini lebih sedikit dari tahun lalu yang memenuhi target penempatan sebanyak 1800 tenaga kerja.

"Sebenarnya kalau batas waktunya di perpanjang sampai bulan tiga (Maret 2011) nanti mungkin akan lebih banyak tenaga kerja yang terserap. Karena pada bulan tiga nanti juga akan ada perusahaan yang membuka lowongan," ujarnya.

Dari hasil pantauan Tribunnews perusahaan yang paling banyak peminatnya yaitu perusahaan yang bergerak di bidang elektronik dan perkapalan.

Hal ini juga diamini oleh Luhut. Ia mengatakan bahwa yang menjadi masalah saat ini bukan karena kekurangan lowongan kerja melainkan karena pelamar dominan memilih satu jenis pekerjaan.

"Yang kita harapkan merecruit lebih banyak pekerja justru sedikit peminatnya. Kalau kita berharap agar pencari kerja memilih pekerjaan yang dilamar sesuai dengan kualifikasinya," ungkap Luhut.

Ia menyebutkan hingga hari ketiga ini baru lima perusahaan dari 38 perusahaan partisipan yang sudah langsung melaksanakan wawancara, di antaranya yaitu AMTEK Engineering, Sanmina, Matahari Departemen Store, EPSON, dan Pertama Bintan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar