Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Selasa, 26 Oktober 2010

Hari Ini, BP Batam Peringati Hari Bakti





Selasa, 26 Oktober 2010 08:44 (sumber Batam Pos,versi asli)


Badan
Pengusahaan (BP) Batam Selasa (26/10) hari ini memperingati Hari Bhakti BP Batam 2010 secara sederhana dengan pengibaran bendera. Hari bakti ini, bertepatan dengan keluarnya Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 74/1971 tentang Otorita Batam (OB) tanggal 26 Oktober 1971.

”OB kan tak ada lagi, sekarang namanya BP Batam berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 46 tahun 2007,” ujar Kasi Humas BP Batam, Dendi Gustinandar, kepada Batam Pos di Batam Centre, Senin (25/10).

Peraturan Pemerintah itu ada seiring lahirnya Undang-Undang (UU) Nomor 44 tahun 2007 yang menetapkan Batam, Bintan, dan Karimun sebagai kawasan perdagangan bebas dan pelabuhan bebas (Free Trade Zone/ FTZ).

BP Batam tak ubahnya sebagai lembaga layanan umum yang diperbolehkan mencari keuntungan, tetapi tak boleh keterlaluan alias berorientasi bisnis melulu. BP Batam harus berpikir sosial. Ambil contoh RSOB. Meski bukan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), RSOB melayani pasien layaknya RS pemerintah lainnya.
Tak heran jika BP Batam tetap berpikir kemaslahatan warga Batam dan sekitarnya. BP Batam dengan sumber daya yang dimilikinya, merencanakan banyak hal untuk Batam ke depan.

Rencana yang telah disiapkan, membangun jalur transportasi umum yang disebut dengan monorail. Sebuah kereta api komuter yang diharapkan akan mengurangi beban kendaraan pribadi di jalanan Kota Batam. Rencana ini telah dilakukan hingga tahap studi kelayakan. Di tahun 2016 bila tak ada aral melintang moda transportasi ini bisa dinikmati warga Batam.

Hal lain yang disiapkan, pembangunan jalan tol yang akan menghubungkan pusat industri ke pelabuhan Batu Ampar. Proyek ini dimaksudkan untuk memberikan layanan infrastruktur prima kepada investor yang menanamkan modal di Batam. Tentu saja sekalian memberikan kenyamanan berkendara kepada warga Batam.

Rencana lama yang masih terus dikembangkan ialah pembangunan jembatan Batam – Bintan. Rencana ini terus dimatangkan untuk mengantisipasi ledakan kebutuhan. Batam, kelak tidak akan sanggup menampung semua industri yang masuk. Untuk itu industri akan disebar ke pulau lain di sekitar Batam. Bintan sebagai pulau terdekat akan menjadi penampung rembesan industriyang saat ini berkembang di Batam. Nah, Jembatan Batam – Bintan akan menjadi jawaban dari infrastruktur yang dibutuhkan.

Terhadap berbagai rencana ini BP Batam terus berkoordinasi dengan Pemko Batam maupun Pemkab Bintan dan tentu saja Provinsi Kepri. ”Mereka antusias sekali dengan rencana ini,” terang Istono, Direktur Perencanaan Teknik BP Batam. Untuk proyek Jembatan Batam – Bintan misalnya, Pemprov Kepri malah membiayai revisi rencana pembangunan jembatan tersebut yang memang sudah dibikin lima tahun lalu.
Kemarin sore lapangan parkir BP Batam sudah disterilkan dari mobil. Di lapangan yang tak seberapa luas itu nampak dilakukan persiapan upacara bendera. Beberapa karyawan BP Batam bersiap berlatih untuk upacara pagi ini.

Bila Anda ingin mengetahui jejak pembangunan di Batam, Panitia Hari Bhakti BP Batam 2010 juga akan menggelar pameran foto pembangunan Batam di Mega Mall, Batam Centre. Pameran ini akan berlangsung Rabu (27/10) hingga akhir Oktober ini. (ptt)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar