Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Jumat, 08 Oktober 2010

3 Menteri Akan Resmikan Rusun Jamsostek Kabil

BATAM-Menteri Perumahan Rakyat (Menpera) Suharso Monoarfa, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Mustafa Abubakar, dan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar akan meresmikan rumah susun (rusun) milik PT Jamsostek (Persero) di Kawasan Industri Kabil, Batam, Jumat (8/10) ini.


Rencana peresmian Rusun Jamsostek Kabil itu disampaikan Kepala Cabang PT Jamsostek Batam P Lumban Tobing kepada wartawan, Kamis (7/10). Menurut Tobing, Jamsostek akan membangun 10 twin blok rusun empat lantai di atas lahan seluas 10 hektare yang disediakan pengelola Kawasan Industri Kabil. Namun, saat ini baru tiga twin blok yang sudah selesai dan siap diresmikan hari ini. Tujuh twin blok lagi akan dibangun secara bertahap dalam beberapa tahun ke depan. Setiap twin blok rusun terdiri dari 78 unit kamar.

Rusun Jamsostek Kabil ini merupakan rusun ketiga milik Jamsostek di Kota Batam. Dua rusun lainnya adalah Rusun Jamsostek Lancang Kuning di Batuampar dan Rusun Jamsostek Mukakuning. Rusun Jamsostek Mukakuning yang sudah selesai dibangun dan sudah ditempati baru satu twin blok yang terdiri dari 78 unit kamar. Sedangkan Rusun Jamsostek Lancang Kuning yang sudah dibangun sebanyak 6 twin blok dengan total kamar mencapai 564 unit.

Menurut Tobing, Rusun Jamsostek Kabil dibangun lebih modern dibanding dua rusun Jamsostek lainnya. Selain itu, setiap kamar Rusun Jamsostek Kabil sudah dilengkapi dengan fasilitas tempat tidur untuk empat orang, lemari, kursi, kompor listrik, serta instalasi air dan listrik. Dengan demikian, pekerja yang menyewa kamar di rusun itu tidak perlu lagi repot membeli perabotan rumah tangga tersebut.

Sama seperti dua rusun Jamsostek lainnya, biaya sewa kamar Rusun Jamsostek Kabil dibedakan untuk setiap lantai. Semakin ke atas, biaya sewa semakin murah. Untuk kamar di lantai satu, biaya sewa ditetapkan Rp480 ribu per bulan dan lantai dua Rp460 ribu per bulan. "Semakin ke atas posisi kamar, maka semakin murah sewanya. Seluruh pekerja diperbolehkan menyewa kamar rusun itu asalkan telah masuk sebagai sebagai peserta Jamsostek dan bekerja aktif di perusahaan. Rusun ini diprioritaskan bagi pekerja yang ada di kawasan itu dan sekarang pekerja juga sudah banyak yang mendaftar untuk menyewa," jelasnya.

Untuk menambah kenyamanan bagi penghuni, Rusun Jamsostek Kabil akan dilengkapi dengan berbagai sarana, mulai dari tempat olahraga, pujasera, ATM centre, minimarket, kolam renang dan warung internet. Fasilitas ini nantinya dikelola pihak ketiga bekerja sama dengan kawasan industri dan Jamsostek. (sm/rl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar