BATAM CENTRE (BP) – Badan Pengusahaan (BP) Kawasan Batam menyelenggarakan pameran foto pembangunan Batam di Mega Mall Batam Centre 27-31 Oktober 2010. Ada sekitar 260 foto pembangunan Batam yang ditampilkan dari tahun 1970-2010.
Foto-foto menggambarkan proses pembangunan di Batam mulai dari pembangunan infrastruktur jalan, pelabuhan, bandara, gedung pemerintah, kawasan industri, dam air, dan fasilitas lain. Mulai Batam masih berwujud hutan hingga menjadi kota seperti sekarang ini.

”Kami ingin memperlihatkan ke masyarakat tahapan-tahapan pembangunan yang dilakukan BP Kawasan di Batam. Kebanyakan masyarakat hanya melihat Batam mulai tahun 2.000-an saja saat Batam sudah berkembang. Hanya sedikit dari warga Batam yang tahu proses pembangunan kota ini,” ujar staf BP Batam, Yudi Hari Purdaya di Mega Mall, kemarin.
Selain dari dokumentasi BP Batam, sebagain foto tersebut merupakan dokumentasi dari beberapa perusahaan perkapalan (Shipyard) yang ada di Batam seperti McDermot, Batamax, Tunas Karya Bahari Indonesia, dan Citra Bandar Victory. Ada juga beberapa foto hasil jepretan jurnalis Batam yang tergabung dalam Pewarta Foto Indonesia (PFI) Batam.
Yudi mengatakan, acara yang di selenggarakan dalam rangka hari bakti BP Batam ke-39 tersebut juga akan diselenggarakan pada tahun depan dengan foto yang lebih banyak. ”Kita sekarang sudah berintregasi dengan Pemko, jadi kita juga akan tampilkan foto-foto lain nantinya,” jelasnya.
Kamis siang nampak pameran yang digelar di Atrium timur Mega Mall tersebut dihadiri banyak pengunjung. Mereka pada umumnya mengaku kagum terhadap pembangunan di Batam. Tak hanya masyarakat lokal, diantara pengunjung juga nampak beberapa warga asing.
”Ternyata proses pembangunan Batam sangat cepat. Hanya dalam 40 tahun Batam menjadi seperti ini,” ujar seorang pengunjung, Burhanudin. (cr1)