Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Senin, 23 Juni 2014

Ditpam Adakan Pelatihan Manajerial

Senin, 23 Juni 2014  ( sumber : Posmetro Batam )

BATAM, METRO: Untuk memacu semangat kekompakan anggotanya, Direktorat Pengamanan (Ditpam) Badan Pengusahaan (BP) Batam mengadakan pelatihan team building yang digelar selama dua hari, 20-21 Juni lalu di Kantor Penanggulangan Bahaya Kebakaran (PBK) BP Batam di Duriangkang, Mukakuning.

Sebagaimana dirilis Direktur PTSP dan Humas BP Batam, Dwi Djoko Wiwoho, Direktur Ditpam BP Batam, Cecep Rusmana menjelaskan, bahwa tujuan diselenggara­kannya pelatihan team building untuk memberikan keterampilan perorang dan manajerial para personil Ditpam. Empat orang praktisi dari Mabes Polri, yang merupakan bagian dari kesepakatan bersama Polri dengan BP Batam dihadirkan, di antaranya Kombes Tiktik Rustika, AKBP Netty Setiawaty, AKBP Syafruddin, dan AKBP Sunarno. Mereka me­ngajar di dua kelas yang setiap kelasnya diisi 20 peserta.

Materi team building, yaitu pencairan dengan tujuan untuk mengenal identitas rekan kerja, mencairkan atau menetralisir perasaan dan menghangatkan suasana. Kemudian filsafat belajar, pembelajaran orang dewasa dan asas-asas didaktik yang merupakan penanaman pengetahuan sebanyak-ba­nyaknya bagi para peserta.

Lalu daur belajar dari pengalaman, pre conditioning skill, observing skill, describing skill, listening skill, questioning skill, summarizing skill, dan feed back skill. Materi selanjutnya Johari window, di mana bertujuan untuk memaha­mi bagaimana mengubah perilaku individu peserta menjadi lebih baik.

Perbedaan persepsi bertujuan untuk menyadari adanya perbedaan persepsi dalam diri tiap individu. Dengan begitu, diharapkan mampu meminimalisir perbedaan untuk menghindari terciptanya konflik. Selanjutnya, analisis tugas dan kegiatan, kepemimpinan keterampilan supervisi dengan tujuan untuk memiliki kemampuan perencanaan kegiatan, serta bimbingan konseling.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar