Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Rabu, 23 Mei 2012

Batam Akan Miliki Kebun Binatang

Tribun Batam - Selasa, 22 Mei 2012 

Laporan Tribunnews Batam, Agus TH

TRIBUNNEWSBATAM, BOGOR
- Mimpi  masyarakat Batam akan tempat wisata alam akan menjadi kenyataan. Batam akan membangun kebun raya dan taman hiburan" The View of Indonesia."

Taman seluas 87 hektar itu rencananya akan dibangun di Nongsa. Selain dibangun taman rekreasi dan hiburan, di taman tersebut juga akan dibangun rumah adat yang menampilkan tradisi dan budaya dari berbagai daerah di Indonesia yang menggambarkan keragaman suku budaya di Kota Batam.
"Jadi nantinya wisatawan asing dan wisatawan lokal  yang ingin mengetahui budaya dan tradisi dari seluruh wilayah di Indonesia cukup datang ke Batam,  karena semua ada di Batam," ujar Wali Kota Batam Ahmad Dahlan dalam rilis kepada Tribun Batam.

Untuk mewujudkan pembangunan taman wisata, Ahmad Dahlan bersama Kepala Badan Pengusahaan Batam (BP) Mustofa Wijaya melakukan Mou dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang di tandatangani oleh Ketua LIPI Prof. Lukman Hakim, Senin (21/5) di Bogor.

Selain tempat wisata, kebun raya itu juga dijadikan tempat penelitian dan konservasi tumbuhan. Berbagai ragam tanaman Indonesia dari seluruh wilayah di Indonesai akan ditanam di kawasan ini.

Dahlan mengatakan, Pemko Batam pada 2013 akan membuat Detail Engineering Design (DED) kebun raya dan Taman "The View Of Indonesia". Sedangkan untuk pembagunan infrastruktur dan pendukung lainnya akan dibangun secara bertahap.

Ketua LIPI Lukman Hakim mengatakan LIPI mengikuti perkembagan pembagunan di seluruh wilayah di Indonesia. LIPI merasa prihatin dengan habisnya lahan di Sumatera, Kalimantan, dan Papua  sebagai konsekuensi pembangunan tanpa memperhatikan konservasi alam.

Lukman Hakim menambahkan dalam pembangunan kebun raya daerah, LIPI melalui Kebun Raya Bogor akan memberikan penguatan sisi substansi dan menyediakan dukungan manajemen serta asistensi teknis perkebunrayaan. Sementara itu pemerintah daerah berperan aktif dalam pembangunan infrastrukturnya.(ath)

Editor : imans_7811

Tidak ada komentar:

Posting Komentar