Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Selasa, 07 Oktober 2014

Kabut Asap Kiriman Kembali Selimuti Batam

Selasa, 7 Oktober 2014 (Sumber : Haluan Kepri)

NONGSA(HK) - Kabut asap kiriman dari Sumatera Selatan dan Jambi kembali menyelimuti Kota Batam sejak Senin pagi. 
Meski demikian, kabut asap tersebut belum mengganggu penerbangan dari Bandara Internasional Hang Nadim Batam.
" Penerbangan masih normal tidak terlalu terganggu oleh kabut asap yang menyelimuti udara Batam," kata Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam, Aditiya di Batam, Senin (6/10).


Ia mengatakan, asap yang menyelimuti udara Kota Batam kemungkinan masih berasal dari daratan Sumatera Selatan dan Provinsi Jambi.
" Untuk di Batam sendiri tidak terpantau titik api. Kemungkinan memang asap kiriman dari dua provinsi tersebut," kata dia.

Ia mengatakan, jarak pandang rata-rata masih sekitar 5000-8000 meter. Angin dari arah ternggara hingga barat daya dengan kecepatan 5-40 km/jam. "Secara umum masih aman bagi lalulintas penerbangan darat, laut, maupun udara," kata Aditiya.

Kepala Keselamatan Penerbangan Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Indah Irwansyah mengatakan hingga Senin siang tidak ada gangguan penerbangan dari kabut asap yang menyelimuti kota.

"Tidak ada gangguan penerbangan di Bandara Internasional Hang Nadim Batam. Hingga saat ini semua masih normal," kata dia.

Sejumlah pengendara kendaraan bermotor roda dua menyatakan bau asap sudah sangat tercium sementara asap juga membuat mata pedih.

"Dari pagi udara sudah tidak enek. Asap mengganggu pernafasan dan penglihatan terutama saat mengendarai motor," kata Juanda.

Ia mengatakan, harus ekstra hati-jati karena jarak pandang juga tidak sejauh biasanya terlebih lalulintas di Batam sangat padat.

Hampir setiap kali terjadi kebakaran di Sumatera Daratan selalu mengakibatkan wilayah Kota Batam diselimuti kabut asap kiriman.

Sementara itu, pantauan dilapangan sore jarak pandang di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Senin sore semakin memburuk sehingga sejumlah penerbangan tujuan Pulau Sumatera mulai terganggu.

Tampak di papan Departure Schedule Hang Naim, beberapa Penerbangan Lion Air JT 149 dari Batam ke Jambi yang seharunya terbang pukul 12.10 WIB, hingga pukul 16.00 WIB masih tertahan di Bandara Internasional Hang Nadum Batam.

Sementara itu penerbangan Lion Air JT 239 dari Batam tujuan Pekanbaru yang harusnya terbang pukul 15.25 WIB juga dibatalkan. Selanjutnya penerbangan Lion Air JT 148 dari Jambi tujuan Batam yang seharusnya mendarat pukul 14.40 WIB, hingga kini juga belum tiba di Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

"Sebenarnya kalau dari sini mau terbang masih bisa meski kabut cukup pekat. Namun untuk mendarat di daerah tujuan sulit," kata perwakilan manajemen Lion Air di Batam, Mahrido.

Ia mengatakan, berdasarkan laporan dari BMKG jarak pandang di Hang Nadim Batam sore ini menurun menjadi sekitar 1200 meter.

"Kami masih menunggu kondisi bandara tujuan di Jambi, Pekanbaru dan Tanjungkarang membaik dan memungkinkan untuk terbang," kata dia.

Selain maskapai Lion Air, penerbangan Garuda Indonesia GA 271 dari Batam ke Medan yang seharusnya diberangkatkan pukul 15.45 WIB juga masih tertahan.

Penerbangan Garuda Indonesia GA 270 dari Batam ke Tanjungkarang yang seharusnya diberangkatkan pukul 11.20 WIB, hingga kini juga belum diberangkatkan ke tujuan.(cw81)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar