Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Senin, 13 Oktober 2014

Kabut Asap Ganggu Penerbangan di Batam

Senin, 13 Oktober 2014 (Sumber : Haluan Kepri)

Lion Batal Terbang dari Hang Nadim 

BATAM (HK)- Kabut asap akibat kebakaran hutan di wilayah daratan Sumatera, Minggu (12/10), mulai berdampak terhadap jadwal penerbangan dari dan ke Bandara Hang Nadim Batam. Tak cuma penundaan, bahkan sejumlah jadwal penerbangan terpaksa dibatalkan.

  
Berdasarkan pengumuman pada papan monitor penerbangan Bandara Hang Nadim, penerbangan yang mengalami penundaan adalan Lion Air JT-237 tujuan Pekanbaru. Pesawat yang seharusnya terbang pukul 09.10 WIB, baru bisa lepas landas pukul 12.45 WIB.



Kemudian, Citilink QG 931 tujuan Palembang yang seharusnya terbang pukul 07.30 WIB, namun hingga pukul 12.45 WIB belum juga diterbangkan. Tidak ada keterangan dari pihak bandara pada papan monitor penerbangan tersebut.

Selanjutnya, Citilink QG 930 dari Palembang tujuan Batam yang seharusnya dijadwalkan mendarat pukul 10.00 WIB, hingga pukul 12.45 WIB, juga belum tiba di Hang Nadim. Sementara itu, penerbangan dari Silangit Sumatera Utara ke Batam oleh maskapai Wings Air (IW 1299) yang biasanya mendarat pukul 12.00 WIB, dibatalkan.

Pembatalan juga dilakukan pada penerbangan Lion Air JT 238 dari Batam ke Pekanbaru dengan jadwal pukul 17.45 WIB. Penerbangan Lion Air JT 372 dari Batam ke Jakarta pada pukul 18.25 WIB juga dibatalkan.

Kepala Keselamatan Penerbangan Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Indah Irwansyah mengatakan untuk tujuan Palembang dan Pekanbaru penundaan diakibatkan kabut asap di bandara tujuan.

"Informasi dari Palembang dan Pekanbaru mengatakan bahwa jarak pandang memburuk, sehingga pesawat tidak mungkin diterbangkan ke sana," ujarnya.

Namun demikian, kata dia, informasi terbaru dari Pekanbaru cuaca sudah membaik dengan jarak pandang sekitar 3 kilometer sehingga seluruh pesawat yang tertunda kemungkinan segera bisa diterbangkan.

"Kondisi di terminal saat ini masih sangat padat. Karena sejumlah pesawat belum bisa diterbangkan seperti jadwal seharusnya," katanya. (cw81)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar