Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Kamis, 23 Oktober 2014

Final Technopreneur BP Batam, 10 Peserta Presentasikan Produk Berbasis Teknologi

Kamis, 23 Oktober 2014 (Sumber : Batam Today)

BATAM, BP Batam - Bersempena hari bakti ke-43, Badan Pengusahaan (BP) Batam menggelar lomba Technopreneur, yang hari ini, Selasa (21/10/2014), telah memasuki babak final.

Babak final yang digelar di lantai 4 gedung IT Centre BP Batam diikuti 10 peserta group maupun perorangan yang terdiri dari enam dari mahasiswa Politeknik Batam dan empat peserta dari umum.

Adapun kategori yang diperlombakan yakni, jasa dan industri, kuliner, ICT/TIK (teknologi informasi komunikasi), fashion. Komponen penilian yakni kreativitas, inovatif dan orisinalitas. Menggali dan mengembangkan potensi unggulan lokal, sentuhan berbasis teknologi, potensi pengembangan dan strategi pemasaran serta performence.

Sementara itu, setiap finalis akan mempresentasikan selama 10 menit di depan dewan juri. Juri terdiri dari 4 orang, dua orang berasal  dari Poltek Batam dan dua orang dari Direktorat Lalu Lintas Barang.

"Produk yang di presentasikan adalah produk berbasis teknologi," kata Tri Novianta, Direktur Lalu Lintas Barang BP Batam yang juga dewan juri lomba tersebut.

Para peserta yang mengikuti final, mempresentasikan produk mereka. Salah satu peserta dari mahasiswa yakni control listrik otomatis yakni smartical atau rumah pintar. Mereka memaparkan tekhnologi kelistrikan menghidupkan atau memadamkan lampu melalui kontrol dari hape atau smart phone.

"Tinggal tekan tombol lampu akan menyala atau padam. Bisa dikendalikan dari jarak jauh, bahkan saat sedang diluar negeri," terang peserta tersebut.

Sedangkan untuk harga memang masih relatif mahal berkisar Rp20 juta sampai Rp45 juta. Tekhnologi tersebut sudah dipasarkan dan telah ada perusahaan perumahan Agung Podomoro Land, sudah tertarik.

"Agung Podomoro Land pernah menyatakan ketertarikannya, tapi kami masih blm siap dan masih perlu penyempurnaan," tuturnya.

Selain itu, ada juga peserta yang memperkenalkan alat penetas telur ayam berbasis Fuzzy Logic, tekhnologi hydroponik dan lain sebagainya.

Pemenang lomba Technopreneur BP Batam akan diumumkan pada saat Hari Bakti BP Batam tanggal 26 Oktober 2014.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar