Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Senin, 03 Juni 2013

September, Tinggalkan Perizinan Manual

Badan Pengusahaan (BP) Batam menargetkan, mulai September 2013 nanti, tidak ada lagi perizinan manual. Semua pengurusan perizinan dilakukan secara elektronik, khususnya izin permohonan pemasukan barang dan izin di Direktorat Lalulintas Barang di BP Batam.


Demikian disampaikan Kasubdit Monitoring dan Pelaporan Perdagangan dan Industri, Tri Novianta Putra, Rabu (29/5) di Batam.
“Diharapkan pada bulan September 2013 nanti, sudah tidak ada permohonan pemasukan barang dan izin yang dilakukan secara manual ke kita,” harapnya.
Selain adanya perbaikan sistem juga terdapat penambahan jumlah modul perizinan secara online. Ini diakui akan mempersingkat jumlah alur prosedur perizinan.
“Sistem itu akan mengintegrasikan dengan sistem INSW (Indonesia Nasional Single Window) dan meningkatkan pelayanan perizinan,” jelas Novianta.
Saat ini terdapat delapan pelimpahan perizinan yang sudah ada di BP Batam. Masing-masing, IP Plastik, IP/IT Garam, IT Mesin Multi Fungsi Berwarna, IT Kendaraan Bermotor, IT Mikol, IT Hortikultura, IT HP (Handphone) dan IT PT (Produk Terbatas). Ini sudah diatur dalam Sistem Informasi Keluar Masuk Barang (SIKMB).
Sistem ini sudah diperkenalkan dengan pelaku usaha yang bergerak khusus di bidang kegiatan impor barang dan perdagangan di Batam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar