Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Rabu, 26 Juni 2013

Batam Penghubung Wilayah Barat

Mustofa Widjaja
Mustofa Widjaja

Lion Pangkas Jarak Sumatera-Kalimantan -Sulawesi

Bandara Internasional Hang Nadim, Batam, akan dijadikan maskapai Lion Air sebagai penghubung wilayah barat. Selain itu, maskapai satu grupnya, Malindo Air akan membuka rute penerbangan dari Hang Nadim Batam ke Subang, Malaysia.

Demikian diungkapkan Kepala BP Batam, Mustofa Widjaja, Selasa (25/6) di Batam. Menurut dia, rencana Lion Air menjadikan Batam sebagai penghubung di wilayah Barat, terungkap saat Presiden Direktur Lion Air, Rusdi Kirana, bertemu Mustofa.

”Kemarin, Pak Rusdi datang ke BP. Beliau mengatakan, akan menjadikan Batam penghubung wilayah barat, dengan wilayah lain di kawasan timur,” bebernya.

Menurut dia, Lion Air menyiapkan rencana itu karena bandara di Jakarta sudah penuh. Selain itu, Batam akan memperpendek jarak tempuh warga Sumatera yang ingin ke Kalimantan dan Sulawesi dibanding transit Jakarta.

”Kalau mereka transit di Jakarta, akan lebih lama,” ungkap Mustofa.

Menanggapi itu, Mustofa mengakui kalau pihaknya siap. Selain Lion, Garuda juga berkeinginan menjadikan Batam sebagai penghubung secara bertahap.

”Jamaah umrah yang menggunakan Lion Air juga akan diterbangkan melalui Hang Nadim Batam,” imbuhnya.
Di tempat sama, Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Humas BP Batam, Dwi Djoko Wiwoho mengatakan, untuk tahap pertama, akan dibuka rute ke Semarang dan Makasar. “Lion juga sedang membangun hanggar di Hang Nadim ,” jelasya.

Malindo Air menggunakan Boeing 737-900ER dengan kapasitas sekitar 195 hingga 215 penumpang. Rute baru itu direncanakan dibuka mulai September 2013. “Rencana itu sudah disampaikan ke kita,” bebernya.(MARTUA BUTARBUTAR)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar