Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Senin, 10 Juni 2013

75 Investor Gagal Bangun Lahan

BUTUH LAHAN: Shipyard berkembang cepat di Batam. Karena itu, para investor butuh lahan untuk perluasan usaha mereka. F-net

BUTUH LAHAN: Shipyard berkembang cepat di Batam. Karena itu, para investor butuh lahan untuk perluasan usaha mereka.


67 Titik Lahan Strategis Akhirnya Menganggur
Hingga saat ini banyak investor yang mendapat alokasi lahan di Batam namun gagal memanfaatkannya. Karena itu, Badan Pengusahaan Kawasan (BPK) Batam menarik lahan itu untuk dialokasikan kepada pengusaha lainnya.
Demikian disampaikan Kasubdit Humas dan Publikasi BPK Batam, Ilham Eka Hartawan, Selasa (4/6) di Batam. Saat ini, para penerima alokasi lahan sudah diberikan peringatan pertama. Jika dalam waktu tertentu tidak dibangun, maka akan ditarik BP Batam.
“Surat peringatan pertama sudah disampaikan dan sebagian pengusaha sudah merespon dan meminta waktu untuk membangun,” ungkap Ilham.
Menurut dia, kegagalan para investor itu tidak lepas dari kesulitan dana. Saat ini ada 67 titik lahan di Batam yang dimiliki 75 perusahaan. Mayoritas itu tersebar di kawasa-kawasan strategis di Batam.
“Akibatnya banyak lahan di kawasan strategis terbengkalai dan menganggur,” ungkap Ilham.
Dia mencontohkan di Batam Centre, jika melihat potensi perkembangan saat ini, harusnya lahan tidak ada lagi yang menganggur. Namun, karena investor yang mendapat lahan tidak mampu membangun, alasan keterbatasan dana, maka lahan itu terbengkalai.
“Itu karena penerima alokasi lahan kesulitan finansial, lahan terbengkalai,” katanya.
Demikian, pihaknya segera bertindak. Pihaknya akan segera memberikan peringatan kedua. Alasannya, saat ini kebutuhan lahan cukup tinggi. Sementara, ketersediaan sangat terbatas. BP Batam pun mengimbau agar pemilik lahan menyampaikan kendala yang dihadapi.
“Saat ini, hampir tidak ada lagi lahan di Batam yang belum dialokasikan. Sementara investor yang ingin membangun usaha di Batam masih banyak,” .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar