Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Jumat, 14 Juni 2013

BMKG Sosialisasi Bencana



 


Kamis, 13 Juni 2013  (sumber :PosmetroBatam)

BATAM, METRO: Berkewajiban sebarluaskan informasi prakiraan cuaca, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menggelar sosialisasi ke media massa, Rabu (12/6).

“Dalam situasi bencana, BMKG dan media dapat saling bekerjasama,” kata Kepala BP Batam, Mustofa Widjaya yang diwakili anggota III Deputi Bidang Pelayanan Umum, Azhari Abbas, saat membuka acara.
“Kegiatan ini sangat positif, sehingga media bisa membantu BMKG menyampaikan keadaan cuaca kepada masyarakat,” sebutnya.

Sekretaris Utama BMKG Pusat, Dokter Andi yang diwakili Kepala Biro Hukum, Darwayuniati menerangkan, saat ini BMKG memiliki 120 kantor yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia untuk mengawasi keadaan cuaca, terdiri diantaranya 31 stasiun geofisika dan 21 stasiun klimatologi.
“Dalam beberapa tahun terakhir Indonesia sudah diguncang sebanyak 42 kali gempa bumi berkekuatan antara 6 sampai 9 skala richter,” paparnya.

Dari jumlah tersebut, rincinya, 13 diantaranya menimbulkan tsunami dan daerah yang paling rentan terjadi bencana alam adalah wilayah Sumatera. Karena menurut dia dikarenakan wilayah tersebut merupakan tempat bertemunya lempengan bumi.

Di tempat yang sama, Kepala Sub Bidang Informasi dan Meteorologi, Hary Tirto Djatmiko menjelaskan beberapa materi seperti mengenai struktur atmosfer, faktor pengendali curah hujan dan pengaruh bentuk topograpi dan kepulauan.(ams)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar