Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Senin, 03 Juni 2013

Lahan 48 Hektar untuk Garuda Maintenance Facility di Batam

Minggu, 26 Mei 2013(sumber: Batam Pos)

Maskapai Penerbangan Garuda Indonesia berencana membangun fasilitas perbaikan pesawat atau Garuda Maintenance Facility (GMF) di Bandara Internasional Hang Nadim Batam. Perusahaan ini berencana membangunnya di atas lahan 48 hektar.


“Untuk membangun GMF itu butuh 48 hektar. Tetapi jika ini sudah terealisai maka tahap awalnya, pembangunan berada di atas lahan 15 hektar,” kata Kasubdit Humas dan Publikasi Badan Pengusahaan (BP) Batam, Ilham Eka Hartawan di Batam, Minggu, (26/5)
Ilham mengatakan saat ini BP Batam terus melakukan pembicaraan intensif dengan pihak Garuda Indonesia untuk memastikan realisai pendirian  GMF tersebut.
“Kalau nilai investasinya secara pasti belum tahu. Saat ini kami masih terus melakukan pembicaraan. Bahkan draft kerjasamanya juga telah kami siapkan dengan Garuda,” kata dia.
Meski demikian, Garuda Indonesia juga sedang menjajaki pembangunan GMF di Bandara Internasional Kuala Namo Sumatera Utara. Namun BP Batam yakin Garuda akan memilih Hang Nadim Batam karena didukung status kawasan perdagangan bebas (FTZ).
“Kami optimis Garuda akan memilih Batam, karena sebelumnya Lion Grup dan PT Indonesia Aero Maintenance (IAM) juga sudah menandatangani kerjasama pendirian fasilitas pebaikan pesawat di Hang Nadim Batam,” kata Ilham.
Ilham mengatakan  Lion Grup saat ini sedang melakukan pembangunan tahap awal di atas lahan seluas empat hektare.
Sementara PT  IAM masih dalam pelengkapan administrasi dan direncanakan akan membangun pada awal September mendatang.
Selain itu, menurut Ilham,  status FTZ sangat memudahkan bagi pengusaha untuk mendatangkan komponen pesawat ke Batam. “Bayangkan untuk memasukka komponen pesawat ke Batam sangat mudah. Makanya Batam adalah pilihan yang tepat,”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar