Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Rabu, 02 Januari 2013

Kenaikan UMK Batam Diprediksi Bakal Dorong Sektor Riil


Tribun Batam - Sabtu, 29 Desember 2012
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Laporan Tribunnews Batam, Rio Batubara

TRIBUNNEWSBATAM.COM, BATAM- Kenaikan UMK Batam di tahun 2013 menjadi Rp 2.040.000 dilihat ada plus minusnya. Uzersyah Deputi Kepala Perwakilan Bidang  Ekonomi Moneter BI Batam optimis kenaikan UMK bisa mendorong pertumbuhan sektor riil cukup besar.

Uzer  menjelaskan pertumbuhan ekonomi Kepri di tahun 2012 mencapai 7 persen lebih dan diprediksi akan terus bertumbuh.  "Kami melihat kenaikan  UMK ini dari dua sisi. Satu sisi dari perusahaan apakah akan  terjadi pengurangan karyawan. Di satu sisi kenaikan UMK ini akan mendorong pertumbuhan sektor riil cukup besar," ungkapnya, Jumat (28/12).

Data BPS mencatat, buruh di Batam mencapai 250 ribu orang. Jika dikalikan dengan kenaikan UMK sebesar Rp 600 ribu, dalam sebulan bisa mencapai 150 milyar. Jika dikali 12 bulan akan mencapai  Rp 1,8 triliun. Hal tersebut membuat sektor rill meningkat signifikan "Kami akan tetap optimis menatap tahun 2013 ini," imbuhnya.

Ketika disinggung adakah dampak kelesuan ekonomi Eropa dan China terhadap sektor ekspor Batam, dia akui  potensi penurunan tetap ada. Namun untuk perusahaan di Batam sebagai besar berinduk di Singapura, sehingga negara Singa tersebut yang mencari orderan dari seluruh dunia. 

"Dampaknya memang ada, tapi tidak terlalu signifikan. Singapura yang masih memegang peranan penting dalam mencari pasar. Namun bagi pengusaha Batam dapat mencari pasar dari negara lain yang belum tergarap dengan baik, seperti Afrika yang untuk sektor garmen dan  komputer misalnya," jelasnya.

Potensi pariwisata  juga cukup besar di tahun 2013, bahkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Kepri. Ia mencontohkan  Ice Skating yang dihadirkan Kepri Mall dan mendapatkan sambutan luar biasa. 

"Pariwisata unik seperti ini dapat mendorong sektor Riil, semua tenant di Kepri Mall kebanjiran rezeki dengan adanya Ice Skating tersebut. Bahkan banyak warga dari luar Batam antre untuk menjajal permainan ini.  Apa lagi bila arena tersebut dipermanen, tentunya akan mendapat sambutan luar biasa. Pariwisata unik seperti Ice skating perlu menjadi perhatian pelaku pariwisata kepri," tutupnya. (*)

Editor : widodo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar