Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Jumat, 29 April 2011

RSOB RAIH 16 AKREDITASI PELAYANAN KESEHATAN

* Copyright:ANTARA
* Date:Apr 28 16:27
Batam, 28/4 (ANTARA) - Rumah Sakit Otorita Batam meraih 16 akreditasi pelayanan dari Kementerian Kesehatan setelah memenuhi syarat mutu pelayanan kesehatan.

"RSOB meraih 16 akreditasi, ini yang tertinggi dari tiga tingkatan akreditasi lokal," kata Direktur Bina Upaya Kesehatan Kementerian Kesehatan Supriyandoro di Batam, Kamis.

Sebanyak 16 akreditasi itu antara lain untuk bidang administrasi dan manajemen, rawat insentif, laboratorium, pelayanan udara, pelayanan medis, gawat darurat, kamar operasi dan gizi.
RSOB adalah satu-satunya rumah sakit di Provinsi Kepulauan Riau yang meraih 16 akreditasi.

Ia mengatakan manajemen RSOB harus mampu mempertahankan 16 akreditasi itu, dan jangan sampai menurun dalam penilaian tiga tahunan.
Senada dengan dia, Kepala Badan Pengusahaan Batam Mustofa Widjaya mengatakan manajemen RSOB harus terus maju memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada warga Batam.

Sebagai RS besar di kawasan industri, kata Mustofa, RSOB harus memberikan pelayanan kesehatan kepada ribuan pekerja asing yang mencari nafkah di Batam.
"Di Batam terdapat lebih dari 1.000 PMA, jangan sampai mereka berobat di luar negeri," kata Mustofa.

Pelayanan yang berstandar internasional diharapkan mampu menarik pekerja asing untuk berobat di Indonesia.
"RSOB harus memiliki spesialisasi yang tidak terlalu jauh dari Singapura," kata Mustofa.

Direktur RSOB Sri Rafella Alaida mengatakan keberhasilan RSOB meraih 16 akreditasi pelayanan kesehatan merupakan kerja keras seluruh karyawan RSOB.
Awalnya, RSOB hanya memiliki lima akreditasi, namun dengan komitmen yang tinggi, 16 akreditasi bisa diperoleh.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan mencatat sebanyak 870 dari 1.668 Rumah Sakit yang tersebar di Indonesia belum terakreditasi Kementerian Kesehatan dan hanya empat di antaranya yang terakreditasi internasional.

Sebanyak 50 persen dari rumah sakit yang belum terakreditasi adalah RS pemerintah, dan 50 persen lainnya RS swasta.
Akreditasi rumah sakit dibagi tiga, yaitu untuk lima pelayanan, 12 pelayanan dan 16 pelayanan. Dan mayoritas RS di seluruh Indonesia yang mendapatkan akreditasi, baru sampai tahap lima pelayanan.

***4*** B/Z003 (T.Y011/B/Z003/Z003) 28-04-2011 16:27:53

Tidak ada komentar:

Posting Komentar