Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Rabu, 23 Juli 2014

IDUL FITRI-PELABUHAN UTAMA BATAM SIAP HADAPI PUNCAK MUDIK

sumber : antaranews.com

Batam, 22/7 (Antara) - Pelabuhan Domestik Telaga Punggur dan Sekupang siap melayani lonjakan penumpang puncak arus mudik Idul Fitri 1435 Hijriah yang diperkirakan terjadi mulai 25 Juli.

"Dua pelabuhan utama Kawasan Perdagangan dan Pelabuhan Bebas Batam tersebut sudah mengalami beberapa perbaikan sehingga siap menghadapi puncak arus mudik yang jumlah penumpang per hari masing-masing pelabuhan diperkirakan mencapai sekitar 8.000 orang," kata Direktur Payanan Terpadu Satu Pintu dan Humas BP Batam Dwi Djoko Wiwoho di Batam, Selasa.




Ia mengatakan Kantor Pelabuhan Batam juga akan menambah personil sebanyak masing-masing 15 orang di tiap terminal feri untuk membantu melayani pemudik yang akan meninggalkan Batam.

Selain itu, kata Djoko, untuk menjamin kenyamanan pelayanan penumpang dan penggunan jasa terminal domestik Punggur dan Sekupang, sudah dibangun posko pengamanan yang ditempati oleh beberapa unsur pengamanan, baik dari Polri, TNI, Satpol PP, Ditpam BP Batam, serta tenaga kesehatan.

Djoko mengatakan, Wakil Kasatker Pelabuhan Domestik Telaga Punggur, Darmayanto, pada mudik Lebaran 2013 lonjakan penumpang tertinggi mencapai 8.000 orang.

Kasatker Terminal Feri Domestik Sekupang Kiki Zainal mengatakan pada mudik Lebaran 2013, lonjakan penumpang tertinggi mencapai 6.685 orang yang terjadi pada H-2.

"Perbaikan yang sudah dilakukan pada dua pelabuhan utama tersebut meliputi penambahan fasilitas tempat duduk, penambahan canopy untuk menurunkan penumpang menuju tempat penjualan tiket, perbaikan ruang tunggu VIP, serta perbaikan selasar ponton," kata Djoko.

Pelabuhan Domestik Sekupang merupakan pelabuhan yang menghubungkan kawasan bebas Batam ke sejumlah kota di Provinsi Kepulauan Riau, Jambi dan Riau.

Sementara Pelabuhan Domestik Telaga Punggur menghubungkan Batam dengan Ibu Kota Provinsi Kepri di Tanjungpinang, sejumlah wilayah di Pulau Bintan dan Kabupaten Lingga pada sisi selatan Provinsi Kepri.

Djoko mengatakan, usai Lebaran, Pelabuhan Domestik Telaga Punggur rencananya akan mulai direnovasi pada tahun ini dengan membangun gedung baru 3 lantai.

"Saat ini sedang dilakukan proses pelelangan tender. Sementara waktu, untuk mengantisipasi pelayanan di terminal feri punggur akan dibangun ruangan sementara," kata dia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar