Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Kamis, 31 Oktober 2013

UKM Batam Masih Seperti Industri RT


BATAM – Usaha Kecil Menengah (UKM) di Batam mengalami pertumbuhan. Bahkan, tidak sedikit produk UKM di Batam yang sudah masuk Singapura. Hanya saja, peredaran hasil UKM di sana karena dibawa wisatawan Singapura dan Malaysia sebagai buah tangan ke negaranya.

Demikian disampaikan Kasubdit Perindustrian BP Batam, Ponco Prio Atmojo, Selasa (29/10). Secara khusus, Ponco mengaku tidak tahu pastinya produk UKM yang diekspor. “Tapi paling tidak, hasil produk UKM kita dibawa wisatawan mancanegara dari Singapura-Batam,” ungkap Ponco.

Menurut dia, produk UKM Batam, banyak dibeli wisatawan mancanegara. “Karena harga disini dibanding Singapura-Malaysia jauh lebih murah. Makanya warga Singapura, banyak belanja makanan, produk UKM di Batam,” imbuhnya usai Sosialisasi Jaminan Keamanan Mutu Produk Pangan di Gedung BP Batam.

Diakuinya, BP Batam melakukan sosialisasi untuk mendorong UKM Batam untuk memenuhi mutu pangan. “Walau industri kecil, tapi kualitas produk sesuai standar. Ini untuk menghadapi perdagangan bebas,” sambungnya.

Sosialisasi dinilai penting, karena UKM di Batam, masih seperti industri rumah tangga. Banyak produk yang dinilai belum cukup baik.

“Makanya kita berikan pencerahan, supaya mereka paham dalam penerapannya. Sehingga kualitasnya mampu bersaing di perdagangan bebas nanti,” harap Ponco. (mbb)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar