Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Senin, 17 Mei 2010

Hujan Lebat hingga Akhir Mei





Ditulis oleh Redaksi ,
Minggu, 16 May 2010 08:40 (sumber Batam Pos,versi asli)

HANG NADIM (BP) – Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Hang Nadim Batam, memprediksi peluang hujan akan terus terjadi hingga akhir bulan ini.

Meningkatnya curah hujan itu akibat Madden Julian Oscillation (MJO) yang berada di atas wilayah Batam telah memasuki phase 4. Kondisi tersebut membuat Batam akan sering diguyur hujan dengan intensitas di atas 100 mm/jam.

Hal tersebut ditandai dengan naiknya suhu permukaan laut di kawasan Samudera India bagian ekuator. Kondisi tersebut menyebabkan terjadinya konveksi yang lebih kuat dari keadaan normal.

Kepala Seksi Observasi BMG Hang Nadim Batam Imam Prawoto mengatakan, potensi hujan yang terjadi tersebut akan terjadi menjelang siang hingga sore hari. Ia juga menyebut, dari pantauan satelit BMG Hang Nadim, saat ini konsentrasi lokal dari pergerakan awan comulunimbus (cb) di atas wilayah Kepri umumnya dan Batam khususnya semakin tinggi.

Dengan meningkatnya awan jenis tersebut, menurut Imam Prawoto, selain hujan lebat yang ditimbulkan, potensi badai petir dan angin puting beliung di Batam juga akan sering terjadi.

”Kita imbau masyarakat agar lebih mewaspadai kondisi cuaca saat ini. Terutama para peserta kampanye, sebab hujan terjadi siang jelang sore,” imbuhnya.

Imam Prawoto juga mengatakan, gelombang laut di perairan Batam masih normal yakni 0,5 meter. Sedangkan di wilayah Anambas, Natuna, dan Lingga gelombang lautnya berkisar 1 hingga 1,5 meter. (cr3)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar