Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Rabu, 01 Februari 2012

Kembangkan Pelabuhan, BP Batam Rangkul Pelindo

BATAM CENTRE - Badan Pengusahaan (BP) Batam merangkul PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II, untuk pengembangan pelabuhan di Batam. Hal tersebut ditandai dengan penandatanganan kerjasama antara Kepala BP Batam Mustofa Widjaja dengan Dirut Pelindo II, RJ Lino, Senin (30/1) di Kantor BP Batam.

Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Humas BP Batam, Dwi Djoko Wiwoho mengatakan, kesepakatan tersebut guna penyiapan rencana kerjasama penyiapan dan penyediaan fasilitas kepelabuhanan di sejumlah pelabuhan yang ada di Batam.

"Kerjasama ini yang berlaku satu tahun guna mempersiapkan bagaimana pengembangan pelabuhan yang ada di Batam, baik Sekupang, Kabil maupun Batuampar, termasuk daerah lainnya," kata Djoko kepada wartawan, Selasa (31/1).

Adapun ruang lingkup kesepakatan tersebut, kata Djoko, mempersiapkan rencana kerjasama penyediaan fasilitas kepelabuhanan, melalui prinsip saling menguntungkan yang meliputi inventarisasi terhadap berbagai potensi yang dimiliki Batam, melaksanakan kajian , baik aspek finansial, teknis, komersial, legalitas dan menunjuk konsultan dalam menyusun kajian-kajian dalam rangka penyiapan rencana kerjasama tersebut.

Ruang lingkup lainya adalah akan membentuk tim bersama dalam melakukan koordinasi dengan pihak yang memiliki keterkaitan dengan kerjasama itu.

"Kajian Pelindo untuk seluruh pelabuhan yang ada di Batam. Tidak harus pengembangan pelabuhan Tanjung Sauh saja," ujar Djoko.

Menurut dia, dipilihnya Pelindo karena Pelindo sudah mempunyai reputasi yang baik di dalam negeri. Karena itu, sudah selayaknya BP Batam bekerjasama dengan operator pelabuhan yang ada di Indonesia. Diharapkan, masing-masing pihak  dapat menjalankan kewajibansesuai dengan perannya masing-masing.

Ke depan, lanjut Djoko, mengenai potensi yang ada di Batam akan dikaji langsung oleh Pelindo. Dalam jangka satu tahun diharapkan potensi dan segala persiapan untuk pengembangan sudah dapat diketahui. Baik pelabuhan container maupun pelabuhan lainnya.

"Nantinya, pelabuhan yang akan dikembangkan tidak mesti operatornya dari Pelindo. Tapi operator akan dilaksanakan secara bersama-sama dengan pihak lain," pungkasnya. (cw56)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar