Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Selasa, 21 Februari 2012

Investor ke Batam Anjlok

Investor yang datang ke Batam menurun jika dibandingkan periode yang sama pada 2011. Pada awal tahun atau tepatnya Januari 2012, empat penanam modal, menyodorkan aplikasi untuk berinvestasi. Mereka berinvestasi dengan nilai, masing-masing 1 juta dolar Amerika.
Menurut Direktur Pelayanan terpadu Satu Pintu (PTSP) BP Batam, Dwi Djoko Wiwoho, Senin (20/2) di Batam Centre, jumlah aplikasi ini mengalami penurunan jika dibandingkan jumlah aplikasi yang diterima BP Batam, pada bulan Januari tahun lalu.

“Januari tahun lalu, sembilan PMA mengajukan aplikasi dengan nilai investasi US$ 14 Juta,” katanya.
Djoko menyampaikan, data pendaftaran penanaman modal asing (PMA), diantaranya PT Aquantic yang bergerak dibidang industri pembuatan dan perbaikan kapal. Mereka memiliki nilai investasi, 1 juta dolar USA.
“Perusahaan ini berasal dari Singapura dengan rencana tenaga kerja asal Indonesia, 150 orang,” katanya.
Perusahaan lain, PT Maxindo Resources. Perusahaan itu bergerak dibidang perdagangan besar, distributor dan impor, dengan investasi 1 juta dolar USA. Mereka akan mempekerjakan 20 orang tenaga kerja Indonesia. Dimana investor perusahaan ini berasal dari India, Australia dan Indonesia.
Demikian dengan PT Indonesia Diving Service yang bergerak di jasa pertambangan minyak bumi dan gas alam. Perusahaan ini akan menginvestasikan modal 1 juta dolar USA, dengan investor asal Italia dan Indonesia.
“Sementara PT Leven Indonesia, untuk industri pembuatan dan perbaikan kapal, menginvestasikan 1 dolar AS. Investornya Malaysia,” bebernya.
Penurunan investasi ini, Djoko beralasan, akibat resesi ekonomi Eropa. Akibat resesi, investor kata dia, enggan untuk berinvestasi. Namun, dia berharap investor dapat tetap meningkat.(mbb)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar