Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Rabu, 07 Mei 2014

Penumpang di Hang Nadim 1,1 Juta di Triwulan I



Dwi Djoko Wiwoho.
Dwi Djoko Wiwoho.

BATAM – Triwulan I tahun 2014 ini, jumlah penumpang pesawat di Bandara Hang Nadim Batam naik dibandingkan triwulan yang sama tahun 2013. Berdasarkan catatan Badan Pengusahaan (BP) Batam, pada triwulan I tahun 2013 jumlah penumpang sekitar 970.206 orang. Sementara triwulan pertama tahun 2014, 1.109.896 orang. Terjadi peningkatan sekitar 14,4 persen.

“Jumlah peningkatan penumpang dibanding tahun sebelumnya sekitar 139.690 orang,” ujar Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Humas BP Batam Dwi Djoko Wiwoho, Selasa (6/5) di Batam.
Peningkatan penumpang itu terjadi pada kedatangan dan keberangkatan. Jumlah kedatangan di Bandara Hang Nadim sekitar 550.915 orang. “Sementara keberangkatan 512.357 penumpang dan transit 46.624 penumpang,” sambung Djoko.




Jumlah mereka yang datang, berangkat transit, diperoleh dari kedatangan 4.637 pesawat yang berangkat melalui Hang Nadim. “Ada juga peswat yang tidak terjadwal atau dengan sistem carter sekitar 478 penerbangan,” katanya.

Penerbangan terjadwal dilakukan penerbangan domestik seperti Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Wings Air, Sriwijaya Air, Sky Aviation dan Xpress Air. Namun, Sky Aviation sudah menghentikan penerbangan pertengahan Maret 2014 lalu. Sementara Xpress, menutup penerbangan pada awal Februari.

“Ada juga satu penerbangan internasional Firefly. Memang sedikit maskapainya, tapi frekuensinya tinggi,” ucap dia.

Tingginya frekuensi penumpang juga didukung langkah Lion Air menjadikan Batam sebagai wilayah penghubung ke wilayah timur Indonesia. “Ke depan, hingga akhir tahun, kita targetkan jumlahnya meningkat hingga 30 persen,” sambung dia.

Optimisime itu muncul setelah ada maskapai baru yang akan membuka jalur penerbangan dari Batam. Sementara maskapai lama, ada yang menambah frekuensi penerbangan. “Lion Group sudah mengajukan slot penerbangan di Hang Nadim Batam sejak 2013,” beber dia.

Sementara untuk penerbangan yang diajukan di Hang Nadim pada tahun 2014 ini, sekitar 120 kali per hari. Diharapkan penerbangan itu akan naik di atas 150 kali per hari. “Kita siap menerima tambahan penerbangan per hari,” imbuh dia.Saat ini, Hang Nadim dapat menampung 18 pesawat berbadan lebar dengan jenis Boeing 767.

“Kita akan melakukan studi, membangun landasan pacu dan terminal kedua untuk mengantisipasi pertumbuhn penerbangan domestik dan internasional dari Batam,” ungkap Kepala BP Batam, Mustofa Widjaja. (mbb)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar