Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Rabu, 21 Mei 2014

Bandara Hang Nadim Batam Beroperasi 24 Jam Mulai Akhir Mei

 
Selasa, 20-05-2014 ( sumber : Batam Today )
 
 
Bandara Hang Nadim, Batam.

BATAMTODAY.COM, Batam - Bandara Hang Nadim Batam terus saja menunjukkan kemajuan dalam pelayanan penerbangan domestik maupun luar negeri. Apalagi, terhitung sejak minggu keempat Mei 2014, bandara internasional ini akan beroperasi melayani penerbangan selama 24 jam.


Kepala Bandara Hang Nadim Batam, Ir Suprasetyo, menjelaskan tujuan dari operasional Bandara Hang Nadim Batam selama 24 jam, antara lain untuk memindahkan kepadatan arus lalu lintas penerbangan pada jam-jam kosong. Selain itu, distribusi penumpang akan menjadi merata sehingga operasi bandara bisa optimal.

"Tujuannya, juga sebagai persiapan bandara menghadapi ASAM tahun 2015. Kesiapan dalam menyongsong ekspansi penerbangan dari Batam keluar negeri dan menjadikan Bandara Hang Nadim sebagai bandara alternatif," papar Suprasetyo dalam konfrensi pers di Kantor Badan Pengusahaan (BP) Batam, Selasa (20/5/2014).

Alasan lainnya, seperti diketahui bersama bahwa langit di atas Batam merupakan rute terpadat ke-5, yang tentunya bandara Hang Nadim sebagai alternatif apabila ada kebutuhan mendadak. Dengan terbentuknya market membuat daya saing Batam yang lebih meningkat karena efisien dalam operasi penerbangan (bahan bakar, engine dan waktu).

"Dalam jangka menengah menjadikan bandara sebagai HUB terbesar wilayah Barat yang memiliki konektifitas ke berbagai negara karena Batam sebagai daerah kawasan investasi dunia untuk wilayah Asia Fasific. Salah satu strategi nasional dalam upaya pengembalian pengendalian ruag udara diatas naruna ke RI," terangnya.

"Dengan beroperasi selama 24 jam, semua senang. Tentunya keselamatan, keamanan, kelancaran arus penumpang dan barang dan arus penumpang kita optimalkan semua," kata Suprasetyo.

Untuk operasional Bandara Hang Nadim selama 24 jam, katanya, pihaknya harus menyiapkan segala sesuatunya, termasuk ketersediaan SDM penerbangan yang memadai seperti Avsdec, PKP-PK, teknisi penerbangan, air trafic service dan terminal. Lalu kesiapan pihak Bea dan Cukai, Imigrasi serta Karantina Bandara (KKP).

Selain itu, kesiapan fasilitas pendukung bandara seperti terminal bandara, apron dan kendaraan PKP-PK. Termasuk konsesioner (restaurant, executive lounge) serta angkutan darat seperti taxi dan bus. "Taget operasi 24 jam mulai minggu keempat Mei 2014," ujarnya.

Selanjutnya, operasional 24 jam juga untuk melayani penerbangan selama MTQ Nasiomal tangal 5-13 Juni 2014, angkutan lebaran 2014 pada 13 Juli-10 Agustus 2013, pelayanan haji 2014 tanggal 8 September - 31 Oktober juga untuk angkutan Natal dan Tahun Baru.

Ketika ditanya tentang penerbangan malam apakah sudah ada maskapai yang berminat, Suprasetyo mengatakan sudah banyak yang berminat seperti Lion, City Link dan sebagainya. "Untuk pegawai Air Traffic Control sudah cukup, tidak perlu penambahan lagi," ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar