Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Rabu, 28 Mei 2014

Komitmen PMA Batam Januari-April 243,97 Juta Dolar AS

Rabu, 28 Mei 2014 ( sumber : Kepri Antara News )

Batam (Antara Kepri) - Badan Pengusahaan (BP) Batam mencatat pada Januari-April 2014 komitmen investasi asing pada Kawasan Pelabuhan dan Perdagangan Bebas Batam mencapai 243,97 juta dolar Amerika Serikat (AS).

"Walaupun baru sebatas komitmen, ini menunjukkan Batam masih sangat menarik dan kondusif. Kami akan terus jalin komunikasi dengan calon investor tersebut agar merealisasikan investasinya," kata Kasubdit Humas dan Publikasi BP Batam, Ilham Eka Hartawan di Batam, Selasa.

Ia mengatakan, Januari 2014 ada 13 perusahaan asing dan gabungan yang berkomitmen berinvestasi di Batam dengan nilai investasi 23,6 juta dolar AS.


Sementara pada Februari sedikit mengalami penurunan dengan komitmen mencapai 20,28 juta dolar AS dari sembilan perusahaan asing.

Pada Maret, kata dia, BP Batam mencatat lonjakan dibanding Januari dan Februari. Bulan tersebut  ada 13 perusahaan asing yang berkomitmen menanamkan modal di Batam dengan nilai 111,650 juta dolar AS.

Selanjutnya, pada April sebanyak 15 perusahaan asing berkomitmen akan berinvestasi baru di Kawasan Perdagangan dan Pelabuhan Bebas Batam pada April 2014 dengan nilai 88,5 juta dolar AS.

Bidang usaha yang diminati oleh investor meliputi industri pengolahan hasil tambang, jasa kontruksi dan pembangunan, industri kapal dan perahu, industri perbaikan kapal, industri motor listrik, industri tekstil, konsultan manajemen, perdagangan ekspor-impor dan sektor perdagangan.

"Komitmen tersebut berasal dari sejumlah negara kawasan Asia, Eropa, Amerika dan Australia," kata Ilham.

Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Humas BP Batam, Swi Sjoko Wiwoho mengatakan target komitmen investasi baru pada 2014 sebesar 500 juta dolar AS sementara realisasi 350 juta dolar AS.

"Baik komitmen maupun realisasi hingga April sudah hampir mencapai 50 persen. Kami harap sebelum akhir tahun target tersebut bisa tercapai," kata dia. (Antara)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar