Batam (Antara Kepri) - Rumah Sakit Otorita Batam milik Badan Pengusahaan (RSBP) Batam menggelar apel pagi keperawatan dalam rangka memperingati Hari Perawat Dunia (Nurse’s Day) yang diperingati setiap tanggal 12 Mei di halaman rumah sakit tersebut, Sekupang, Batam.
    
Upacara ini dihadiri oleh Wakil Direktur Umum dan Keuangan RSOB-BP Batam, Ferry Nawa Pamungkas dengan pembina upacara Kasi Keperawatan RSOB-BP Batam, Sulastri dan diikuti oleh tenaga medis RSOB-BP Batam.
    
Dalam sambutannya Sulastri mengatakan bahwa perawat merupakan salah satu profesi besar dan harus bangga menjadi seorang perawat. Dengan berbagai perkembangan teknologi, seorang perawat harus bisa mengimbangi perkembangan teknologi itu. Di rumah sakit, perawat memiliki peran yang sangat besar dan penting untuk memberikan pelayanan yang sesuai dengan SOP dan standar keperawatan.
    
Apabila pelayanan keperawatan yang diberikan, maka akan baik pula pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit. Kecerdasan emosional harus dimiliki oleh seorang perawat, harus bisa melayani pasien dengan tenang, bijak, santun dan kasih sayang. Karena kemampuan emosional yang baik akan mendukung pelayanan yang baik bagi rumah sakit.
    
Sementara itu, Wakil Direktur Umum dan Keuangan RSOB-BP Batam, Ferry Nawa Pamungkas, saat memberikan sambutan mengatakan, Hari Perawat Dunia adalah untuk mengenang seorang perawat bernamaFlorence yang lahir di Italia yang mengabdikan diri sebagai seorang perawat pada saat perang dunia. Pada saat
itu Florence memberikan pelayanan keperawatan dengan pelayanan yang ikhlas dan profesional dan tidak membeda-bedakan pasiennya dari profesi manapun.
    
Menurut Ferry Nawa, saat ini, seiring dengan perkembangan teknologi, tantangan yang dihadapi oleh perawat semakin meningkat. Sehingga harus ditingkatkan lagi dengan adanya pelatihabagi para perawat.
    
Pada penutupnya, Ferry Nawa berpesan perawat di RSOB-BP Batam harus melayani dengan sebaik-baiknya kepada semua pasien, baik pasien ekonomi menengah ke atas, ke bawah, maupun pasien BPJS dengan standar keperawatan yang ada.
    
Pada apel keperawatan ini, RSOB-BP Batam memberikan penghargaan pengabdian kepada Rachmawati, dan Ester Hutapea, AMK yang telah mengabdi dan menjalankan tugas keperawatan di RSOB-BP Batam. Penghargaan ini diserahkan oleh Sulastri dan disaksikan oleh Wakil Direktur Umum dan Keuangan, Ferry
Nawa Pamungkas.
    
Acara selanjutnya, yaitu pembacaan puisi oleh salah seorang perawat RSOB-BP Batam, Asmasina Pane. Dalam puisi itu diungkapkan, bahwa seorang perawat juga seorang manusia yang juga ingin dihargai dalam menjalankan tugasnya dan selalu ingin memberikan pelayanan yang terbaik bagi pasiennya. Acara ditutup dengan pemotongan nasi tumpeng oleh Kasi Keperawatan.(Antara)