Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Rabu, 23 November 2011

Ponton Diganti, Telan Biaya Rp2,8 M

(Sumber Batam Pos) 23 November 2011

Ponton pelabuhan Domestik Sekupang akhirnya diganti dengan yang baru. Pergantian dua ponton itu menelan biaya Rp2,8 miliar.
Pantauan Batam Pos, belum lama ini, sejumlah pekerja dari PT Pagar Alam Perkasa sedang melakukan pekerjaan akhir pemasangan. Ponton yang memiliki panjang 18 meter dan lebar 10 meter itu bisa menampung penumpang hingga 100 orang.
Selama pemasangan ponton baru tersebut, aktivitas kapal masih berjalan seperti biasa. Namun penumpang yang datang dialihkan  sementara ke ponton keberangkatan yang belum diganti.
”Aktivitas kapal masih lancar. Penumpang juga kita arahkan langsung, agar tak terjadi tumpang tindih penumpang yang datang dan pergi,” ujar Erwin, Syahbandar Pelabuhan Domestik Sekupang.
Mugi Oetomo, Kasatker Pelabuhan Domestik Sekupang mengatakan pergantian ponton tersebut sudah dilakukan sejak Rabu (16/11) dan memakan waktu enam hari untuk dua ponton.
”Satu ponton dikerjakan tiga hari. Ponton kedatangan selesai, ponton keberangkatan langsung dikerjakan,” ujarnya.
Mugi juga mengungkapkan, pergantian dua ponton baru itu memakan aggaran dari Otorita Batam sebesar Rp2,8 miliar.
”Anggaran sudah lama diajukan untuk pergantian ponton itu,” ungkapnya.
Ia juga menjelaskan kalau ponton tersebut bisa bertahan hingga puluhan tahun, asalkan terus dirawat. Ponton tersebut juga harus rutin dirawat setiap tahunnya dengan semprotan anti karat.
”Yang paling penting perawatan ponton ini rutin. Perawatan dua ponton ini mahal, bisa memakan biaya Rp20 juta sekali perawatan,” tukasnya. (cr12)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar