Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Senin, 28 November 2011

Banyak Pelabuhan Tikus, BC Pusing

(Sumber Batam Pos) 28 November 2011

Kantor Wilayah Bea Cukai (BC) Batam mengaku dipusingkan dengan banyaknya pelabuhan tikus di Batam. Catatan BC Batam, sedikitnya ada 41 pelabuhan tikus di kota ini.
”Bea Cukai pusing soal pelabuhan tikus itu,” kata Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Harry Azhar Azis, saat berkunjung ke Batam, belum lama ini.
Kata Harry, BC Batam meminta Komisi XI turut menyelesaikan masalah tersebut. Keluhan ini disampaikan langsung Kepala Kanwil Bea Cukai Pelayanan Utama Batam Kukuh Sumardono Basuki, saat kunjungan kerja Komisi XI DPR RI di Graha Kepri, beberapa waktu lalu.
Selain mengeluhkan masalah pelabuhan tikus, lanjut Harry, BC Batam juga meminta kenaikan status. Saat ini status BC Batam sudah sama dengan Tanjungpriok dan Tanjungperak, yakni tipe B.
Dalam kunjungan itu, BC dan Komisi XI juga membahas perkembangan revisi PP 02/2009 tentang Perlakuan Kepabeanan, Perpajakan dan Cukai serta Pengawasan atas Pemasukan dan Pengeluaran Barang ke dan dari serta Berada di Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas, yang sampai saat ini belum selesai. Ini juga menjadi keluhan bagi BC Batam.
Sementara itu, Dewan Kawasan dan Badan Pengusahaan Kawasan FTZ Batam, Bintan dan Karimun menyampaikan sejumlah keluhan pengusaha. Salah satunya soal kewajiban melengkapi buku panduan berbahasa Indonesia bagi seluruh barang elektronik.
”Seharusnya Undang-undang FTZ mampu mengatasi ketentuan-ketentuan dari menteri terkait hal itu” ujar Harry. Pertemuan di Graha Kepri itu juga menyoal masalah master list barang impor, yang belum juga dihapus. ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar