Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Jumat, 16 Januari 2015

Pembangunan Tanjungsauh Tetap Menjadi Proyek Andalan BP Batam

Jum'at, 16 Januari 2015 (Sumber: Tribun Batam)

BATAM – Proyek pelabuhan kontainer atau transhipment Tanjungsauh masih tetap masuk dalam rencana pengembangan infrastruktur pelabuhan BP Batam. BP Batam pun berupaya keras meyakinkan pemerintahan baru untuk memasukkan proyek pelabuhan Tanjungsauh dalam buku rencana proyek public private partnership (PPP) Bappenas, sejak setelah rencana ini digaungkan tahun 2012 lalu.

Istono, Deputi Bidang Pengusahaan Sarana BP Batam mengaku skema PPP yang paling tepat untuk membiayai proyek pelabuhan transhipment, pada umumnya membutuhkan investasi sangat besar. Sehingga, usulan skema PPP menjadi opsi satu-satunya untuk diajukan ke buku proyek Bappenas untuk masuk tahap tender agar memberi ruang bagi swasta.

"Tanjung Sauh itu sebenarnya sudah berproses di tingkat kementerian perekonomian karena BP Batam di bawahnya.‎ Sekarang kami masih terus meyakinkan pemerintah baru yang fokusnya ke kemaritiman. Tanjungsauh ini juga bagian dari proyek tol laut, yang digagas presiden baru" kata Istono, Deputi Bidang Pengusahaan Sarana BP Batam.

‎Di sisi ekonomi, proyek Tanjungsauh dinilai menguntungkan karena dapat mengambil pasar di lalu lintas Selat Malaka yang tersibuk di dunia. Mengingat, Singapura yang lebih dulu memanfaatkannya sudah tidak mampu lagi mengambil seluruh pasar.

"Singapura sudah lebih dulu, Malaysia pun sudah mulai lewat pelabuhan Tanjung pelepasnya. Tinggal Indonesia saja yang diharapkan melalui Batam yang secara lokasi sangat strategis," ungkap Istono, Deputi Bidang Pengusahaan Sarana BP Batam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar