Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Rabu, 14 Januari 2015

Atasi Masalah Lahan, Sertifikat Tanah Akan Dilengkapi Foto

Rabu, 14 Januari 2015 (Sumber: Tribun Batam)

BATAM- Menteri Agraria dan Tata Ruang atau Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) RI, Ferry Mursyidan Baldan berencana mengubah model sertifikat tanah yang dikeluarkan oleh BPN.
Pria itu memiliki ide untuk menerbitkan sertifikat tanah yang dilengkapi foto. Hal tersebut menjadi alternatif jalan keluar‎ permasalahan pertanahan selama ini.

"Kenapa muncul ide memasukkan foto dalam sertifikat, itu salah satu cara kami memperbaiki sertifikat tanah. Bukan sertifikat secara fisik, tapi bentuk pengakuan negaranya kepada hak masyarakat. Ketika kita menemukan banyak masalah dalam pertanahan ini, jadi kenapa tidak ada foto di sertifikat," tutur Ferry saat menandatangani MoU Database Pertanahan dan Pemanfaatan Layanan IT Centre BP Batam‎, Senin (12/1) di Gedung IT Centre BP Batam.
Selain mewacanakan penerbitan sertifikat tanah berfoto, kerjasama yang dilakukan kementerian Agraria dengan BP Batam ini untuk memperkuat penyusunan data base kementerian.  Ke depannya,  ‎warkat-warkat seluruh Indonesia akan didigitalisasi, sehingga tersimpan di file yang memungkinkan untuk dilihat dari semua tempat.
"Tentu dilengkapi dengan adanya kode akses. Dengan harapan, adanya digitalisasi negara menjamin tidak ada lagi hak masyaraka‎t yang bisa dihilangkan dengan mudah. Sebab ada teknologi yang back up," kata Ferry Baldan.
‎Untuk menuju hal tersebut, tentu ada rangkaian proses pembangunan sistem yang perlu dikerjakan oleh kementerian. Salah satunya yang dimasukkan adalah sertifikat berfoto tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar