Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Kamis, 29 Januari 2015

BP Batam Jalin Kerja Sama Dua Universitas Batam

Kamis, 29 Januari 2015 (Sumber: Antara Kepri)

Batam (Antara Kepri) - Badan Pengusahaan Batam, Universitas Putera Batam, Universitas Batam menandatangani kerjasama mendorong peningkatan berbagai aspek guna memperkuat perencanaan kawasan perdagangan dan pelabuhan bebas (FTZ) dan dunia pendidikan.


Penandatanganan yang dilaksanakan di Kantor BP Batam pada Rabu dilakukan oleh Kepala BP Batam Mustofa Widjaja, Wakil Rektor III Universitas Batam Ngaliman dan Rektor Universitas Putera Batam, Nur Elvi Husda.

"Kerjasama dengan universitas ini menjadi salah upaya membangun sumber daya manusia yang berkualitas mengingat Batam adalah kawasan bebas dan sangat mengandalkan sektor jasa," kata Kepala BP Batam, Mustofa Widjaja.

Peningkatan SDM, kata Mustofa, menjadi perhatian yang utama dan harus dilakukan untuk menjadikan Batam mampu bersaing dengan kawasan serupa di luar negeri dan sebagai pusat pertumbuhan di Indonesia.

"Batam tidak memiliki sumber daya alam, sehingga sektor jasa yang dikedepankan. Agar maksimal maka perlu SDM handal," kata dia.

Sebelumnya, kata dia, BP Batam juga sudah bekerjasama dengan sejumlah universitas terkemuka seperti UI, ITB dan UGM untuk mengevaluasi perencanaan penggembangan Batam.

"Dengan kerja sama ini BP Batam juga siap menerima kunjungan dan penelitian dari program studi universitas untuk menyerap 18 spesialisasi bidang yang ada struktur BP Batam," kata dia.

Rektor UPB Nur Elvi Husda mengatakan dengan kerjasama ini pihaknya siap menerapkan kemampuan akademiknya jika diminta untuk melakukan kajian untuk BP Batam sebagai salah satu tri dharma universitas.

Wakil Rektor III Uniba Ngaliman menyatakan kerjasama tersebut menjadi peluang untuk mendorong peran universitas dan BP Batam.

"Salah satunya adalah program studi kedokteran di Uniba yang menjadi satu-satunya fakultas kedokteran yang ada di Batam. Kami berharap penggunaan RSOB yang merupakan rumah sakit milik BP Batam bisa dijadikan tempat praktikum fakultas kedokteran," kata dia.

Dua universitas yang bekerjasama dengan BP Batam tersebut merupakan perguruan tinggi swasta yang didirikan dan sudah eksis di Batam. (Antara)

Editor: Rusdianto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar