Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Jumat, 16 Januari 2015

BP Batam: Tanjungsauh Paling Siap Dibangun Pelabuhan

Jum'at, 16 Januari 2015 (Sumber: Antara Kepri)

Batam (Antara Kepri) - Badan Pengusahaan Batam menyatakan Pulau Tanjungsauh yang berada pada sisi timur Pulau Batam paling siang dibangun pelabuhan dan memiliki letak paling strategis di antara daerah lain di Sumatera.


"Tanjungsauh sudah siap dibangun pelabuhan alih kapal. Selain posisinya sangat strategis, itu juga sejalan dengan program pemerintah saat ini yang menitikberatkan pembangunan kemaritiman," kata Deputi Pengusahaan dan Sarana Usaha, Istono di Batam, Kamis.

Ia mengatakan, posisi Tanjungsauh sama strategisnya dengan Pelabuhan di Singapura yang selama ini menjadi persingahan utama kapal-kapal besar yang melintas di Selat Malaka.

"Jika dibandingkan sama strategisnya dengan Singapura. Hanya saja mereka Tsingapura) sudah membangun dan mengambil keuntungan dari banyaknya kapal yang lalulalang di Selat Malaka. Sementara Batam belum," kata dia.

Ia mengatakan, peluang untuk bisa mengambil keuntungan dari perdagangan di Selat Malaka sangat besar mengingat Singapura sudah memiliki keterbatasan untuk pengembangan.

"Jika dibandingkan dengan Malaysia yang juga sudah memiliki pelabuhan alih kapal besar, Tanjungsauh sebenarnya lebih strategis. Makanya, kami berani nyatakan Tanjungsauh paling siap dibangun," kata Istono.

BP Batam, kata dia, kini berupaya meyakinkan pemerintah pusat agar rencana pembangunan Tanjungsauh dengan kapasitas 4 juta TEU's segera bisa terealisasikan.

Kemungkinan besar, kata dia, pembangunan pelabuhan yang diperkirakan menelan anggaran Rp7 triliun tersebut akan dilakukan dengan sistem kerja sama pemerintah dan swasta.

"Pada pemerintahan sebelumnya kan juga sudah sampai pada kementerian koordinator perekonomian. Dengan pemerintahan baru yang berorientasi kemaritiman, kami yakin ini akan segera terealisasi," kata dia.

Pembangunan Tanjungsauh juga direncanakan akan menjadi pengganti dari Pelabuhan Bongkar Muat Batuampar yang selama ini menjadi pelabuhan penunjang status kawasan bebas Batam. (Antara)

Editor: Rusdianto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar