Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Senin, 19 Juli 2010

Jalan Mukakuning Perlu Dipasang CCTV

BATAM CENTRE- Jalan Mukakuning merupakan salah satu ruas jalan yang rawan terjadi kecelakaan dan juga aksi kejahatan. Untuk mengantisipasinya perlu dipasang closed circuit television (CCTV) di lampu merah atau area traffic control system (ATCS).

Demikian disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam Muramis, kepada wartawan, Sabtu (17/7). Ia menambahkan, selain di daerah Mukakuning, CCTV perlu juga dipasang di depan Kampus Universitas Internasional Batam (UIB), Seiladi. Sebab, jalan dekat SPBU tersebut rawan terjadi kecelakaan maupun kejahatan.

"Direncanakan tahun 2011 nanti di kedua jalan itu akan dipasang CCTV. Tahun 2010 ini tak bisa karena belum ada anggarannya. Untuk pemasangan 1 CCTV saja bisa mencapai Rp600 juta," ujar Muramis.

Menurutnya, CCTV ini yang dipasang di lampu merah yang ada dipersimpangan nantinya terhubung langsung dengan ruang kontrolnya di Kantor Dishub di Baloi. Ruang kontrol itu setiap hari diamati oleh operator yang sudah mendapatkan pelatihan untuk mengoperasikannya.

"Dengan begitu, semua kejadian yang ada langsung terekam CCTV dan secara otomatis disimpan operator. Saat ini, hasil rekaman CCTV sudah disambungkan dengan Poltabes Barelang," jelasnya.

Hingga saat ini, sudah ada 14 unit lampu merah yang menggunakan sistim ATCS tersebut. Di Batam sendiri terdapat 32 lampu merah. Jumlah ini diperkirakan akan terus bertambah setiap tahun. Karena perkembangan beberapa wilayah di Batam sangat cepat serta arus lalu lintas yang juga padat. (sm/ik)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar