Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Kamis, 04 Desember 2014

Lalulintas di Bandara Hang Nadim Batam Akan Ditertibkan

Kamis, 4 Desember 2014 (Sumber: Haluan Kepri)

NONGSA(HK) - Pengelola Bandara Hang Nadim Batam akan menertibkan arus lalulintas di kawasan itu. Ini dilakukan untuk mengatasi kemacetan yang terjadi selama ini. Dalam melakukan penertiban, pihak Bandara bekerjasama dengan TNI AU dan Polsek Nongsa.
Penertiban akan dilakukan di terminal keberangkatan dan kedatangan serta area perpakiran. Ketiga titik lokasi ini dianggap menjadi penyebab kemacetan.



" Semua kendaraan harus parkir di lokasi yang sudah ditentukan agar tidak menimbulkan kemacetan. Dalam hal ini, kami akan bertindak tegas," kata Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Humas BP Batam, Dwi Djoko Wiwoho dihubungi melalui sambungan teleponnya, Rabu (3/12).

Bandara Internasional Hang Nadim Batam, merupakan fasilitas milik BP Batam dan hingga kini masih dikelola bersama dengan Kemeterian Perhubungan. Meski pun Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat masih menjabat sudah menandatangani penyerahan pengelolaan seutuhnya pada BP Batam.

"Nanti di depan terminal keberangkatan akan bersih dari kendaraan. Kendaran yang boleh berada di situ, hanya delapan taksi, Bus Damri, dan penjemput khusus," kata dia.

Ia mengatakan delapan taksi yang boleh berada di depan pintu kedatangan tiga diantaranya tepat pada depan pintu kedatangan, lima lainnya menunggu di belakang, antara pintu keberangkatan dan kedatangan.

" Sistem baru ini untuk memberikan kenyamanan bagi pengguna bandara karena tingkat pertumbuhan penumpang sangat tinggi. Kami juga akan membangun jalur khusus bagi penumpang menuju area parkir," kata Djoko.

Selama ini, kondisi area depan terminal penumpang Bandara Internasional Hang Nadim Batam sangat semprawut. Puluhan bahkan ratusan kendarana roda empat terparkir pada kawasan depan pintu keberangkatan dan kedatangan sehingga sering mengakibatkan kemacetan. Jalur tersebut seharusnya tidak digunakan untuk parkir.

" Diharapkan semua pengguna memakluminya. Mulai 2015 bandara juga akan dikembangkan dalam rangka peningkatan kenyamanan pengunjung," kata dia.

Kabid Komersial Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Dendi Gustinandar menambahkan, setelah dilakukan penertiban pihaknya meningkatkan pendapatan Bandara Internasional Hang Nadim. Pendapatan itu selain pendapatan di luar pajak bandara (airport-tax) juga pendapatan dari papan reklame yang didirikan. Saat ini 12 titik reklame yang didirikan di kawasan itu.

" Pembangunan 12 titik papan reklame di kawasan bandara sudah dilakukan sejak awal November. Kami berharap nantinya akan mampu meningkatkan pendapatan bandara," Kata Dendi Gustinandar.

Pada awal 2014, Badan Pengusahaan Batam selaku pemilik bandara menargetkan pendapatan sekitar Rp100 miliar hingga akhir tahun atau naik 5 persen dari 2013 yang mampu memberikan pemasukan sekitar Rp95 miliar.

" Kami rencanakan akhir Desember semua sudah selesai. Jadi, mulai 2015 diharapkan sudah mampu memberikan tambahan masukan pada bandara," kata dia.

Ia menambahkan, pembangunan papan reklame tersebut difokuskan pada area parkir tepat pada depan kawasan Bandara Internasional Hang Nadim. (par)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar