Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Senin, 29 Desember 2014

BP Batam Gunakan Fasiltias VTS Pantau Lalulintas Laut

Senin, 29 Desember 2014 (Sumber: Tribun Batam)

BP Batam Gunakan Fasiltias VTS Pantau Lalulintas Laut
BATAM- Pemantauan lalu lintas laut di wilayah kerja BP Batam akan memanfaatkan fasilitas Vessel Trafic Centre (VTS)‎.
Hal tersebut sejalan dengan perjanjian kerjasama yang sudah dilakukan oleh BP Batam dengan‎ Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.
Menurut Direktur Humas dan PTSP BP Batam, Dwi Djoko Wiwoho kerjasama itu dalam Pemanfaatan Pengoperasian Vessel Trafic Centre (VTS) Batam.
"Kerja sama ini upaya kami untuk meningkatkan pemantauan lalu lintas laut di wilayah kerja kawasan perdagangan bebas dan pelabuhan bebas Batam," ujar Djoko dalam siaran pers yang diterima Tribun.
Djoko mengatakan penandatanganan kerja sama ini akan semakin meningkatkan pengamanan di wilayah kerja Kantor Pelabuhan BP Batam, karena pemanfaatan VTS sangat penting dalam pengaturan lalu lintas kelautan dan keselamatan pelayaran di pelabuhan Batam.
Ruang lingkup Perjanjian Kerja Sama meliputi pengoperasian VTS Batam, termasuk review dan penyempurnaan prosedur operasional standard (POS), dan petunjuk pelaksanaan, user manual, pemberian data dan informasi kepada kedua belah pihak yang menandatangani perjanjian kerja sama secara elektronik. Termasuk penambahan peralatan, pengawasan pengoperasian VTS Batam, pengawakan VTS Batam, pengembangan dan peningkatan SDM serta pemeliharaan perawatan dan perbaikan VTS Batam.
"Sistem VTS khas menggunakan radar, televisi sirkuit tertutup (CCTV), VHF telepon radio dan sistem identifikasi otomatis untuk melacak gerakan kapal. Bisa juga memberikan keselamatan navigasi di wilayah geografis yang terbatas," tuturnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar