Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Jumat, 19 Desember 2014

BP Batam Jalin Kerja Sama dengan Badan Informasi Geospasial

Jum'at, 19 Desember 2014 (Sumber: Batam Today)

 
 
Penandatangan MoU Badan Pengusahaan (BP) Batam dan Badan Informasi Geospasial.  


BATAM, BP Batam - Badan Pengusahaan (BP) Batam dan Badan Informasi Geospasial (BIG) menandatangani nota kesepahaman untuk menjalin kerja sama di bidang informasi geospasial, Rabu (17/12/2014) di Gedung IT Centre BP Batam.


Nota Kesepahaman tersebut ditandatangani oleh Kepala BP Batam, Mustofa Widjaja dan Kepala BIG, Priyadi Kardono sebagai landasan kerja sama dalam hal Penyelenggaraan, Pengembangan, Pemanfaatan Data dan Informasi Geospasial, dengan ruang lingkup meliputi:
a. Penyelenggaraan informasi geospasial;
b. Peningkatan kapasitas sumber daya manusia dalam bidang informasi;
c. Penelitian dan pengembangan dalam bidang informasi geospasial dan teknologi aplikasi;
d. Pemanfaatan bersama sarana dan prasarana tertentu untuk mendukung kegiatan masing-masing;
e. Pemanfaatan Pusat Data dan Pusat Pemulihan Data BP Batam sebagai pusat data dan pusat pemulihan data/layanan Disaster Recovery Centre;
f. Pertukaran data dan informasi geospasial;

Usai penandatanganan MoU tersebut, dilakukan penandatanganan perjanjian kerja sama tentang Pemanfaatan Fasilitas Data Centre untuk Disaster Recovery Centre (DRC), yang ditandatangani oleh Kepala Pusat Penelitian Promosi dan Kerja Bama BIG, F.Wahyutomo dengan Kepala Pusat Pengolahan Data dan Sistem Informasi BP Batam, Donald Panjaitan.

Kepala BP Batam Mustofa Widjaja mengatakan bahwa DRC milik BP Batam merupakan area penyimpanan, serta pengolahan data dan informasi yang terjamin dan aman, serta memiliki tenaga ahli yang profesional bersertifikat seperti yang dimiliki oleh data centre negara lain.

"DRC milik BP Batam adalah area penyimpanan serta pengolahan data dan informasi yang terjamin dan aman," kata Mustofa.

Mustofa menambahkan bahwa posisi geografis Pulau Batam yang berada di daerah kepulauan yang beresiko rendah terhadap bencana alam, seperti gunung berapi, gempa dan tsunami sehingga memberikan keunggulan Data Centre BP Batam sebagai tempat penyimpanan server DRC.

"Ketersediaan fasilitas dan jaringan yang dimiliki Data Centre ini memugkinkan penggunaan komunikasi data secara remote yang dapat diakses dari seluruh dunia sehingga konsep just in time delivery yang diharapkan oleh perusahaan/instansi dapat terlaksana dengan baik," ujarnya.

Editor: Dodo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar