Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Senin, 22 Desember 2014

BP Batam dan BIG Teken MOU Bidang Informasi Geospasial

Senin, 22 Desember 2014 (Sumber: Tribun Batam)

BP Batam  dan BIG Teken MOU Bidang Informasi Geospasial
istimewa
Nota Kesepahamanditandatangani oleh Kepala BP Batam, Mustofa Widjaja dan Kepala BIG, Priyadi Kardono, Rabu (17/12/2014) di Gedung IT Centre BP Batam. 

BATAM-‎ Badan Pengusahaan (BP) Batam dan Badan Informasi Geospasial (BIG) menjalin kerjasama di bidang informasi geospasial.
Kerjasama tersebut dalam rangka menyinergikan kemampuan dan potensi sesuai dengan tugas dan fungsi kedua instansi tersebut, ‎yang dituangkan dalam nota kesepahaman (MoU).
Nota Kesepahaman tersebut ditandatangani oleh Kepala BP Batam, Mustofa Widjaja dan Kepala BIG, Priyadi Kardono, Rabu (17/12) di Gedung IT Centre BP Batam.
Dalam rilis yang diterima Tribun Batam, Mustofa Widjaja mengatakan MoU tersebut ‎sebagai landasan kerja sama dalam hal Penyelenggaraan, Pengembangan, Pemanfaatan Data dan Informasi Geospasial, yang melingkupi penyelenggaraan informasi geospasial, peningkatan kapasitas sumber daya manusia dalam bidang informasi. Kemudian‎ penelitian dan pengembangan dalam bidang informasi geospasial dan teknologi aplikasi.
Usai penandatanganan MoU tersebut, dilakukan penandatanganan perjanjian kerja sama tentang Pemanfaatan Fasilitas Data Centre untuk Disaster Recovery Centre (DRC), yang ditandatangani oleh Kepala Pusat Penelitian Promosi dan Kerja Bama BIG, F.Wahyutomo dengan Kepala Pusat Pengolahan Data dan Sistem Informasi BP Batam, Donald Panjaitan. 
Mustofa Widjaja mengatakan bahwa DRC milik BP Batam merupakan area penyimpanan, serta pengolahan data dan informasi yang terjamin dan aman. Sekaligus memiliki tenaga ahli yang profesional bersertifikat seperti yang dimiliki oleh data centre negara lain.
"Posisi geografis Pulau Batam yang ada di daerah kepulauan, beresiko rendah terhadap bencana alam. Seperti gunung berapi, gempa dan tsunami sehingga memberikan keunggulan bagi Data Centre BP Batam sebagai tempat penyimpanan server DRC," tutur Mustofa.
Ketersediaan fasilitas dan jaringan yang dimiliki Data Centre pun memugkinkan penggunaan komunikasi data secara remote yang dapat diakses dari seluruh dunia sehingga konsep just in time delivery yang diharapkan oleh perusahaan/instansi dapat terlaksana dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar