Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Selasa, 09 Desember 2014

BP Batam dan Ditjen Hubla Teken MoU

Selasa, 9 Desember 2014 (Sumber: Haluan Kepri)


Tingkatkan Pemantauan Lalulintas Laut

BATAM CENTRE (HK)- Badan Pengusahaan (BP) Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam menjalin kerja sama dengan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dalam Pemanfaatan Pengoperasian Vessel Trafic Centre (VTS) Batam, di Gedung IT Centre BP Batam, Senin (7/12).
Kerja sama ini adalah dalam rangka meningkatkan pemantauan lalu lintas laut di wilayah kerja kawasan perdagangan bebas dan pelabuhan bebas Batam.



Perjanjian Kerja Sama ini ditandatangani oleh Anggota 3/Deputi Bidang Pengusahaan Sarana Usaha BP Batam, Istono dan Kepala Distrik Navigasi Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Tanjung Pinang, Capt. Petrus Karel Singale.

Turut hadir menyaksikan Kepala Kantor Pelabuhan Laut, Hari Setyobudi, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Batam, Kantor Imigrasi Batam dan Kepala Stasiun Meteorologi dan Geofisika Bandara Hang Nadim Batam, Phillip Mustamu.

Anggota 3/Deputi Bidang Pengusahaan Sarana Usaha BP Batam, Istono dalam sambutannya mengatakan penandatanganan kerja sama ini akan semakin meningkatkan pengamanan di wilayah kerja Kantor Pelabuhan BP Batam, karena pemanfaatan VTS sangat penting dalam pengaturan lalu lintas kelautan dan keselamatan pelayaran di pelabuhan Batam.

Ruang lingkup Perjanjian Kerja Sama ini meliputi pengoperasian VTS Batam, termasuk review dan penyempurnaan prosedur operasional standard (POS), dan petunjuk pelaksanaan, user manual; pemberian data dan informasi kepada kedua belah pihak yang menandatangani perjanjian kerja sama secara elektronik; penambahan peralatan; pengawasan pengoperasian VTS Batam; pengawakan VTS Batam; pengembangan dan peningkatan SDM; pemeliharaan perawatan dan perbaikan VTS Batam.

Seusai penandatangan Perjanjian Kerja Sama, acara dilanjutkan dengan simulasi pemanfaatan VTS Centre dalam pengelolaan lalu lintas kapal di wilayah kerja Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam.

VTS merupakan sistem pemantauan lalu lintas laut yang ditetapkan oleh pelabuhan pemerintah, mirip dengan kontrol lalu lintas udara untuk pesawat.

Sistem VTS khas menggunakan radar, televisi sirkuit tertutup (CCTV), VHF telepon radio dan sistem identifikasi otomatis untuk melacak gerakan kapal dan memberikan keselamatan navigasi di wilayah geografis yang terbatas. (r/and)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar