Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Selasa, 15 September 2015

Akibat Kabut Asap, Penerbangan ke 10 Tujuan dari Batam Dibatalkan

Selasa, 15 September 2015 (Sumber: Batam Today)

suwarso-baru.jpg
 
BATAMTODAY.COM, Batam - Otoritas Bandara Hang Nadim Batam menyatakan, akibat kabut asap yang masih melanda karena kebakaran hutan wilayah Sumatera daratan, tiga maskapai menutup penerbangan selama tujuh hari ke depan. 

"Ada Citilink, Sriwijaya Air dan Lion Air yang membatalkan penerbangan selama 7 hari ke depan mulai hari ini," kata Suwarso, Kepala Bagian Umum Bandara Hang Nadim Batam, Senin (14/9/2015). 

Untuk rute yang dibatalkan pulang pergi (PP), maskapai Citilink tujun Padang - Batam - Surabaya. Sriwijaya rute Jambi - Batam - Medan. Lion Air rute penerbangan Jambi - Batam - Pekanbaru. 

"Tapi sebelum masa 7 hari kondisi sudah membaik (dari kabut asap) maskapai bisa terbang," jelasnya. 

Jarak pandang sementara di Batam, tambah Suwarso masih aman di atas 3.000 meter. Namun, untuk di Jambi dan Pekanbaru hingga siang pukul 14.00 WIB jarak pandang hanya 300 meter. Sehingga maskapai membatalkan penerbangan karena tidak mau ambil risiko yang tinggi dengan tetap menerbangkan pesawat. 

Akibatnya, total penerbangan yang batal dari Bandara Hang. Nadim Batam sebanyak 10 rute penerbangan, diantaranya ke Jambi tiga penerbangan, Pekanbaru dua,  Padang satu, Kualanamo satu, Natuna satu, Jakarta satu serta tujuan Surabaya satu penerbangan. 

"Khusus ke Jakarta dan Surabaya tidak terbang karena pesawat tidak datang ke Batam," tambah Suwarso.

Ratusan calon penumpang, sejak siang hari terpantau mengembalikan tiket. Ditegaskan SuwarsoIa, maskapai wajib mengembalikan uang tiket calon penumpang sebesar Rp 100 persen seuai harga tiket yang dibeli.  

"Khusus untuk pengembalian tiket, sesuai aturan maskapai wajib mengembalikan 100 persen, atau penumpang bisa melakukan penjadwalan ulang lagi," tuturnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar