Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Senin, 24 Januari 2011

Tender Jalan Tol Dibuka 2012

Monday, 24 January 2011 | Metropolis.
( sumber Batam Pos,versi asli)
BATAM KOTA (BP) – Rencana pembangunan jalan tol Batuampar-Mukakuning-Hang Nadim  oleh Badan Pengusahaan (BP) Batam terus dimatangkan. Tahun depan, tender  pembangunan ruas jalan bebas hambatan ini akan mulai dibuka.
Direktur Teknik Perencanaan BP Batam Istono mengatakan, sesuai undang-undang,  pembangunan jalan tol ditangani oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT). Sehingga seluruh  kegiatan, mulai dari perencanaan, proses tender hingga pembangunan dilakukan oleh  BPJT.

”Sayangnya BPJT kurang fleksibel,” kata Istono, belum lama ini. Berbeda dengan Bappenas, kata Istono, pembangunan jalan tol biasanya ditawarkan ke  pihak swasta. Sehingga prosesnya cenderung lebih cepat. Khusus untuk jalan tol Batam,  kata Istono, nantinya tetap akan dikelola oleh BP Batam.
“Asetnya juga atas nama BP Batam,” katanya.
Istono mengatakan, program jalan tol ini sudah melalui proses kajian yang cukup matang.  Dan pihak pusat juga sudah mengakui konsep jalan tol Batam ini cukup memenuhi  sehingga layak segera direalisasikan.
Sebagai jalan bebas hambatan, jalan tol Batam merupakan solusi memecahkan kemacetan  yang sering terjadi di beberapa ruas jalan sibuk di Kota Batam. Antara lain kawasan  Batamindo, Simpang Kabil, Batuampar dan jalan menuju Bandara Hang Nadim.
“Jangan sampai telat seperti Jakarta, macet dimana-mana,” kata Istono.
Saat ini, beberapa ruas jalan di Batam sudah memiliki tingkat  kepadatan yang tinggi dan layak memiliki tol. Jalan tol ini nantinya akan dibangun  dari kawasan Batamindo-Simpang Kabil. Dari Simpang Kabil ruas tol ada dua, yakni  menuju Batuampar melalui Simpang Jam dan ruas tol menuju Bandara Hang Nadim. (par)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar