Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Kamis, 06 Januari 2011

5 PMA Baru Masuk Batamindo

Rabu, 05 January 2011 16:40

BATAM- Selama tahun 2010, terdapat 5 Penanam Modal Asing (PMA) bergabung di kawasan industri Batamindo. Hingga saat ini total perusahaan yang berada di kawasan Muka Kuning ini berjumlah 74 perusahaan, tediri dari 69 PMA dan 5 Penanam Modal Dalam Negeri (PMDN). Demikian diungkapkan General Manager PT. BIC (Batamindo Invesment Cakrawala), Jhon Sulistiawan kepada Haluan Kepri, Senin (3/1) sore. "Saat ini ada beberapa PMA yang sedang melakukan pendekatan dengan kami, tetapi masih sekedar pendekatan, kapan mereka investasi kita tidak bisa pastikan. Namun, tim marketing kami sedang berupaya meyakinkan mereka untuk hadir di BIC," ujar Jhon.
74 perusahaan yang berada BIC ini, sebut Jhon, telah menampung sekitar 60.000 tenaga kerja di Batam. Namun begitu, selaku pengelola, pihaknya belum puas dengan angka tersebut.

"Kalau bisa semua space (tempat) terisi, sekarang baru berisi 80 % saja, itu karena ada yang pindah keluar negeri, ada juga yang pindah ke kawasan industri lain di Batam," ujar Jhon.

Jika pindah keluar negeri, sebut Jhon, hal itu tidak menjadi masalah. Namun lain halnya jika perusahaan tersebut pindah ke kawasan industri lain karena adanya persaingan harga.

"Namanya persaingan harga, tentu saja mereka pengennya yang lebih murah. Tetapi jika ini dibiarkan akan timbul persaingan tidak sehat. Marilah kita sama-sama mencari investor dari luar negeri di bawa ke Batam, jangan yang telah ada di Batam diperebutkan," ujar Jhon.

BIC memiliki luas 320 hektare (ha), secara bertahap pengelola terus melakukan pembenahan dan pengembangan. Bahkan, beberapa dormitory (asrama pekerja) telah diratakan untuk membangun gedung yang kemudian disewakan kepada PMA atau PMDN.

Disamping itu, di kawasan industri ini juga masih terdapat beberapa gedung yang masih kosong untuk disewakan. Pengelola juga siap untuk membangun lagi gedung baru jika ada PMA baru yang akan masuk ke kawasan tersebut.

Di Batam saat ini terdapat 28 kawasan industri, baik industri manufaktur maupun shipyard dengan jumlah PMA mencapai 1.278 PMA dengan nilai investasi sebesar US $3,78 Milyar. (hk/an)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar