Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Selasa, 18 Januari 2011

Dermaga Batuampar Diperpanjang 1200 Meter Lagi

( sumber Tribun Batam,versi asli)
Tribun Batam - Senin, 17 Januari 2011 16:24 WIB
Share |
Ilustrasi-Pelabuhan-Batuampar-Batam.jpg
tribunnews batam / istimewa /int
Ilustrasi Pelabuhan Batuampar Batam
Laporan Kartika Kwartya, wartawan Tribunnews Batam

TRIBUNNEWSBATAM, BATAM
- Tahun ini selain melakukan pembenahan pada pelabuhan Makobar Batuampar, rencananya BP Batam juga akan membangun satu pelabuhan lagi dengan kapasitas yang lebih besar.

"Kita sesuaikan dengan anggaran. Kita utamakan dulu lalu lintas barang antar pulau dengan menambahkan fasilitas di sekitar pelabuhan Makobar itu. Untuk pelabuhan besarnya semoga kita berhasil mengundang investor," sebut Direktur Perencanaan Teknik BP Batam, Istono, Senin (17/1/2010).

Melalui program pemerintah pusat, public-private partnership (PPP), pemerintah bisa mengundang pihak swasta sebagai investor jika dana dari APBN tidak memungkinkan untuk pelaksanaan pembangunan.

Berdasarkan penghitungan yang dibuat, untuk pembangunan pelabuhan baru tersebut diperlukan anggaran sebesar 500 juta dolar Amerika. Pelabuhan tersebut diperhitungkan mampu menampung 2-3 juta kontainer per tahunnya.

"Dari dermaga yang sudah ada sekarang, akan ditambah sekitar 1200 meter lagi ke arah laut. Kemudian ke arah Jodoh juga akan direklamasi," tutur Istono.

Menurutnya, pembangunan pelabuhan kontainer ini sudah sampai pada tahap pentenderan. Bahkan sudah ada perusahaan yang memenangkan tender, salah satunya yaitu perusahaan dari Perancis. Saat ini tinggal menunggu proses pematangan dengan investor untuk menuju pada penandatanganan kontrak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar