Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Selasa, 18 Januari 2011

Disparbud Tunggu PL dari OB

( sumber Haluan Kepri,versi asli)
Senin, 17 January 2011 12:04

Rencana Penataan Kawasan Wisata Barelang
BATAM CENTRE- Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Kota Batam Guntur Sakti mengatakan, penataan kawasan wisata di Jembatan Barelang, kini tinggal menunggu izin pengelolaan lahan (PL) dari Otorita Batam (OB) atau BP Batam. "Sebelum rencana penataan ini kita mulai, Disparbud akan berkoordinasi dulu dengan BP Batam. Kita harap BP Batam punya komitmen yang sama dengan Pemko Batam untuk menata kawasan Jembatan Barelang itu," ujar Guntur, Minggu (16/1).

Penataan Jembatan Barelang sebagai ikon wisata Kota Batam yang akan dimulai pada tahun ini, akan mengutamakan pembangunan sarana parkir. Sarana parkir yang akan dibangun di sebelah kanan Jembatan Barelang dari pusat kota ini akan memakan area yang cukup luas.

"Maka itu, PL yang dikeluarkan nantinya sangat menentukan berapa luas sarana parkir yang akan dibangun," imbuhnya.

Guntur menambahkan, pembangunan sarana parkir di kawasan tersebut termasuk prioritas. Pasalnya, pada saat hari libur banyak warga Batam maupun wisatawan asing datang berekreasi.

"Saat hari-hari libur, kawasan Jembatan Barelang kurang rapi akibat banyaknya kendaraan yang parkir di badan jalan. Untuk itu, kawasan ini harus disediakan sarana parkir permanen dan memadai. Kita targetkan selesai tahun ini juga," katanya lagi.

Selain menyediakan sarana parkir, Pemko Batam juga akan membangun sarana pendukung kegiatan kepariwisataan. Misalnya panggung hiburan dan kios-kios yang menjual berbagai aksesoris khas Batam dan jajanan Batam lainnya. Sarana pendukung dunia kepariwisataan itu, ujar Guntur, harus diadakan. Karena tidak mungkin orang akan berkunjung jika tidak banyak yang bisa disaksikan di sana.

Setelah sarana itu tersedia, berbagai iven pariwisata siap digelar di sana. "Tinggal di kawasan wisata itu diperbanyak lampu penerangan. Agar saat malam hari lebih bagus dan aman untuk dikunjungi," ucap Guntur. (hk/rl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar