Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Kamis, 27 Januari 2011

Batam Jadi Kawasan Strategis Nasional

Thursday, 27 January 2011 | Metropolis.
 ( sumber Batam Pos,versi asli)
BATAM KOTA (BP) - Pemerintah pusat menetapkan Batam sebagai salah satu kawasan strategis nasional (KSN) karena berpotensi berkembang menjadi metropolitan. Saat ini, pemerintah tengah fokus penyelesaian Peraturan Presiden tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) terkait kawasan strategis nasional tersebut.
Menanggapi ini, Wali Kota Batam Ahmad Dahlan mengatakan, penetapan Batam sebagai KSN merupakan kebanggaan sekaligus motivasi. Namun, katanya, Batam menjadi kota metropolitan memang merupakan salah satu misi Pemerintah Kota Batam menuju Batam bandar dunia madani.

“Kita memiliki visi menciptakan Batam menjadi kota bertaraf internasional. Dan penetapan KSN ini merupakan satu tahap pencapaian menuju visi itu,” kata Dahlan, kemarin.
Dahlan juga menegaskan, ditetapkannya Batam menjadi KSN adalah wajar. Sebab, dilihat dari lokasi Batam memang cukup strategis dan memiliki potensi yang cukup besar, khususnya di bidang ekonomi. Dari segi infrastruktur, Batam juga lebih baik jika dibandingkan daerah lain. Mulai dari jalan, pelabuhan, bandara, sarana komunikasi dan lain sebagainya.
Dengan ditetapkannya Batam menjadi KSN yang berpotensi menjadi kota metropolitan, Dahlan berharap dapat diimbangi dengan perilaku masyarakatnya. Sebagai warga metropolitan, lanjut Dahlan, masyarakat Batam harus mencerminkan sikap-sikap yang demokratis, maju, modern dan intelek. Namun di satu sisi, masyarakat Batam harus tetap menjaga marwah sebagai bangsa timur yang identik dengan perilaku sopan dan berbudi pekerti luhur.
“Itulah konsep bandar dunia madani,” katanya.
Sebaliknya, Dahlan juga berharap dengan staus Batam sebagai KSN, pemerintah pusat juga lebih banyak memberikan perhatian baik dalam bentuk materiil maupun immateriil. Misalnya dengan penambahan dukungan anggaran untuk percepatan pembangunan secara sektoral.
Selain Batam, saat ini ada empat RTRW lainnya terkait kawasan strategis meliputi kawasan strategis nasional metro. Yakni Medan dan sekitarnya, Metro Denpasar dan sekitarnya, Metro Makassar dan sekitarnya, dan Perbatasan Kalimantan. (par)

Leave a Reply

Tidak ada komentar:

Posting Komentar