Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Selasa, 18 Januari 2011

Afsel Belajar Perizinan ke BP Batam

Tuesday, 18 January 2011 | Metropolis.
( sumber Batam Pos,versi asli)
BATAM KOTA (BP) – Badan pengelola kawasan berikat Afrika Selatan, Coega Development Corporation (Pty) Ltd, berkunjung ke Kantor Badan Pengusahaan (BP) Batam, Senin (17/1). Kunjungan tersebut merupakan kali kedua setelah 2008 lalu.

Kepala Bagian Humas dan Publikasi BP Batam Dwi Djoko Wiwoho bersama Kepala Biro Humas dan Promosi BP Batam, Rustam Hutapea menjelaskan, dalam kunjungan kedua ini, Coega ingin mempertegas kerjasama telah ditandatangani dua tahun silam. Salah satu esensi dari nota kesepahaman ini adalah pertukaran informasi pengembangan investasi di wilayah masing-masing.
”Jika ada investor Afrika Selatan yang akan berinvestasi di Asean, akan diarahkan ke BP Batam. Demikian sebaliknya,” kata Joko, kemarin.
Selain itu, kata Joko, Coega juga banyak mempelejari sistem perizinan yang selama ini diterapkan oleh BP Batam untuk kemudian diadopsi. Di mana, saat ini BP Batam telah mendapatkan delegasi atau pelimpahan kewenangan pengurusan izin dari pusat, untuk barang-barang tertentu. Sehingga perizinan bisa dilakukan lebih efektif dan efisien.
Dalam pertemuan yang digelar di lantai 8 Gedung BP Batam kemarin, kedua belah pihak saling mempresentasikan potensi dan keunggulan masing-masing. Pihak Coega yang terdiri dari dua manager, Fezile Ndema dan Siyambonga Simayi diterima Ketua BP Batam, Mustofa Widjaja.
”Kami juga mempelajari kesamaan-kesamaan yang dimiliki Coega dan BP Batam,” kata Rustam.
BP Batam sendiri berencana melakukan kunjungan balasan ke Coega Development Corporation yang terletak di Kota Port Elizabeth, Afrika Selatan. Namun kapan waktunya, BP Batam belum menetapkan.
Joko menyampaikan, selama ini belum ada investasi asing dari Afrika Selatan. Namun, Batam melalui PT Citra Tubindo telah melakukan aktivitas ekspor pipa ke negeri Nelson Mandela itu. (par)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar