Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Rabu, 18 Februari 2015

BP Batam Mulai Rancang Pengembangan Sarana di Bandara Hang Nadim

Rabu, 18 Februari 2015 (Sumber: Batam Today)

bandara_hang_nadim_baru.jpg
Batam - Pelayanan dan kenyamanan penumpang bandara terus ditingkatkan Badan Pengusahaan (BP) Batam sebagai pengelola Bandara Hang Nadim Batam. Diantaranya pengembangan sarana terminal, penambahan gedung dan penambahan landasan pacu setara dengan landasan pertama, terpanjang se-Asean yakni 4,025 kilometer. 

"Dengan satu landasan pacu saat ini masih memadai. Landasan pacu kedua akan dibangun setelah jumlah penumpang per tahun melebihi 15 juta orang," ujar Direktur Perencanaan dan Pembangunan BP Batam, Imam Bachroni, Selasa (17/8/2015). 

Berdasarkan data dari BP Batam, pada tahun 2012 jumlah penumpang Bandara Hang Nadim Batam sebanyak 3,8 juta orang dengan 84 penerbangan per harinya. Di tahun 2013 jumlah penumpang meningkat menjadi 4,1 juta penumpang dengan jumlah penerbangan mencapai 104 penerbangan reguler per hari. Sedangkan tahun 2014 jumlah penumpang mencapai 5 juta orang dengan 116 penerbangan reguler per hari.

Selain memaksimalkan kapasitas terminal yang ada, BP Batam sudah menyiapkan lahan untuk pembangunan terminal kedua dengan kapasitas yang sama dengan gedung terminal pertama. 

"Posisi terminal kedua masih kami pertimbangkan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan maskapai yang beroperasi di Hang Nadim Batam," jelas dia. 

Perencanaan pengambangan sarana dan pra sarana akan dimulai tahun 2015 ini dengan mengembangkan kapasitas terminal penumpang Bandara Hang Nadim Batam dari 5 juta menjadi 8 juta penumpang per tahun guna  mengantisipasi peningkatan pengguna transportasi udara.

"2014 jumlah penumpang sudah mencapai 5 juta. Tahun 2015 ini diperkirakan akan over kapasitas. Jadi akan mulai dikembangkan menjadi 8 juta penumpang per tahun di gedung yang sama. Tinggal pengaturannya saja," kata dia. 

Editor: Dodo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar