Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Senin, 16 Februari 2015

BP Batam Beri Pembekalan Kerja Pegawai Baru

Senin, 16 Februari 2015 (Sumber: Antara Kepri)

Batam (Antara Kepri) - Sebanyak 59 pegawai baru Badan Pengusahaan (BP) Batam mendapatkan pembekalan memahami tentang organisasi, pekerjaan, tugas dan tanggung jawab dalam pekerjaan.


"Tujuannya agar pegawai baru mengerti dan langsung menyesuaikan diri dalam bekerja. Di antara materi yang diberikan adalah sejarah organisasi," kata Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Humas BP Batam Dwi Djoko Wiwoho di Batam, Jumat.

Ia mengatakan, materi diberikan oleh jajaran Biro Kepegawaian dan beberapa unit kerja BP Batam, yang diberikan baik berupa teori, pengelolaan dan kunjungan lapangan.

"Untuk teori dipusatkan di Gedung IT Centre BP Batam. Peserta juga diajak keliling ke sejumlah fasilitas BP Batam lainnya," kata dia.

Djoko mengatakan, sejarah tentang Badan Pengusahaan (BP) Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam penting diketahui bagi para Pegawai Kontrak BP Batam yang baru pertama kali bekerja untuk menimbulkan sense of belonging.

Kepala Biro Kepegawaian BP Batam, Asep Lili Cholilullah, mengatakan Biro Kepegawaian memberikan beberapa materi bagi pegawai honor berupa pengarahan umum meliputi sejarah, landasan hukum, visi dan misi BP Batam.

Selanjutnya budaya kerja dan etika struktur organisasi dan tata kerja (SOTK) serta pengenalan pejabat. Selanjutnya hak dan kewajiban pegawai kontrak, pengenalan penggunaan portal, peraturan baris berbaris dan tata upacara sipil.

"Tugas BP Batam sebagai pengelola Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam tidaklah mudah. Untuk itu diperlukan tenaga SDM yang handal, profesional dan berkarakter. Untuk membentuk semua itu, maka perlu diadakan diklat bagi pegawai kontrak," kata dia.

Pegawai honor kontrak yang berjumlah 59 orang ini direkrut oleh Biro Kepegawaian BP Batam dalam kurun waktu antara bulan Juli sampai dengan Desember 2014 dengan melewati beberapa tahapan, yaitu uji kompetensi dasar, uji kompetensi keahlian, dan psikotes.

Sedangkan latar belakang pendidikan untuk para pegawai ini bervariasi, dari tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA)/sederajat, S1, hingga jenjang S2 dengan jurusan, yaitu Hukum, Ekonomi Akuntasi, Kedokteran, Desain Grafis, dan IT.

Dengan adanya diklat ini, diharapkan para pegawai kontrak yang baru dapat memberikan kontribusi yang positif bagi BP Batam dan mampu melaksanakan tugasnya dengan baik demi perubahan dan perbaikan kinerja BP Batam. (Antara)

Editor: Rusdianto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar