Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Kamis, 21 Mei 2015

Pembangunan jalan Tol di Batam Bukan Batal tapi Diundur

Kamis, 21 Mei 2015 (Sumber: Batam Today)

batampos.co.id – Badan Pengusahaan Batam membantah pembangunan jalan tol Batam dibatalkan. Melainkan hanya diundur. Di mana saat ini Badan Pengusahaan Batam dan Direktorat Jenderal Bina Marga, Kementerian PU dan Perumahan Rakyat sedang mengkaji keuangan dan teknis jalan tol tersebut.
“Jadi saya tegaskan, jalan tol bukan dibatalkan tapi diundur. Saat ini sedang pra design jalan tol Batam,” kata Andi Antono, Direktur Humas dan Promosi BP Batam.
Andi mengatakan bahwa setelah dilakukan review pradesign termasuk dari segi keuangan dan teknis, maka akan dicari mekanisme penunjukan partner kerjasama penyediaan infrastruktur. Di mana saat ini sudah ada beberapa perusahaan yang kemungkinan akan diajak untuk bekerjasama.
Terkait area lahan yang akan digunakan untuk jalan tol tersebut, kata Andi sama sekali masih tersedia. Di mana sudah ada designnya. Ketika pusat sudah selesai melakukan kajian, maka akan langsung dikerjakan.
“Mudah-mudahan bisa secepatnya review atau kajian tersebut selesai. Akan langsung kita kerjakan,” katanya.
I Wayan Subawa, Deputi Perencanaan dan Pengembangan BP Batam mengatakan bahwa Pembangunan jalan tol  di Batam diundur hingga waktu yang belum ditentukan. Ini dikarenakan belum adanya persetujuan dari kementerian. Ia mengatakan bahwa saat ini Detail Engineering Design (DED) untuk jalan tol tersebut sudah disiapkan. Menurutnya, saat ini pihak kementerian sedang mempelajari rencana pembangunan tersebut.
Wayan mengaku pihaknya akan terus mengupayakan dan mendorong agar pembangunan proyek tersebut secepatnya dilakukan. Di mana direncanakan bahwa panjang jalan tol sepanjang 25 km itu akan menelan biaya sampai Rp 1,2 Triliun. Jalan tol tersebut dikhususkan untuk melayani angkutan industri.
“Kementerian masih mereview rencana yang kita ajukan. Kita tunggu saja. Kita sangat yakin kok, ini akan terlaksana,” katanya. (ian)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar