Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Rabu, 20 Mei 2015

BP Batam Amankan 54 Batang Kayu IIegal

Rabu, 20 Mei 2015 (Sumber: Batam Pos)

batampos.co.id – Direktorat Pengamanan Badan Pengusahaan Batam mengamankan 54 batang kayu hasil pembalakan liar di hutan Sei Temiang, Selasa (19/5) sore. Pembalak hutan melarikan diri. Sementara kayu diamankan dan dibawa ke Mako Ditpam BP Batam.
“Kita mendapatkan laporan dari masyarakat. Kita langsung terjun ke lapangan. Benar saja, kayu sudah banyak di sana yang tergeletak,” kata Dirpam BP Batam, Cecep Rusmana.
Dari 54 batang kayu tersebut masih ada 11 kayu yang dalam bentuk gelondongan. Kayu itu termasuk kayu merah dengan kualitas bagus. Cecep memperkirakan bahwa pembalak sudah beraktifitas di sana dalam seminggu terakhir.
“Katanya itu kayu yang bagus. Memang sangat berat kayunya. Sudah kita angkut ke Mako. Kita amankan di sana. ” katanya.
Menurut Cecep, aktivitas pembalakan  liar di sekitar hutan Sei Temiang sudah pernah dihentikan BP Batam beberapa minggu lalu. Di mana kala itu pembalak langsung kabur dan meninggalkan satu unit sepeda motor.
“Sudah pernah ke sana. Pelakunya langsung kabur ke hutan. Motornya ketinggalan. Kita memang rutin mengawasi hutan di sana,” katanya.
Selain dari daerah hutan Sei Temiang, BP Batam juga sudah pernah melakukan operasi ke sejumlah kawasan hutan  Dam Duriangkang, dan Muka Kuning. Ratusan  batang kayu sudah diamankan dari beberapa lokasi. Pelakunya juga langsung kabur ke tengah hutan dengan meninggalkan sejumlah peralatan seperti gergaji mesin.
“Kalau yang di duriangkang beberapa waktu lalu. Masih ada gergaji mesin. Masih kita dengar ada suara mesin. Mungkin mereka dengar kita datang, makanya mereka langsung kabur,” katanya.
Cecep mengatakan BP Batam akan terus dan rutin melakukan patroli. Ia berharap kepada masayarakat yang mengetahui adanya pembalakan liar langsung melaporkan ke BP Batam. Ini demi menjaga kelestarian hutan apalagi di sekitar waduk atau daerah tangkapan air. (ian)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar